Mengapa Toyota Dipilih Jadi Limo Kaisar Jepang

13 May 2019
Mobilku.com - Kaisar baru Jepang adalah penguasa ke-126 tahta Krisan yang mewarisi tiga benda pusaka dari ayahnya yaitu pedang kuno, permata dan cermin serta sebuah limousine Toyota.

Ya, Kaisar Naruhito mendapatkan Toyota sebagai kendaraan resminya. Kendaraan resmi yang ditentukan sejak Januari 2019 itu dikembangkan dari Toyota Century.

Sedan ini memenuhi syarat yang ditentukan istana yaitu, ukuranya paling besar dan paling menonjol saat iring-iringan kerajaan. Dibuat didalam negeri. Memiliki fitur keselamatan dan keamanan terbaik. Serta dirancang agar Kaisar dan Ratu mudah terlihat oleh rakyatnya. Oleh karena mobil kerajaan itu memiliki atap yang bisa dibuka. Inilah satu-satunya Toyota Century Convertible didunia.

Toyota Century hanya ada di Jepang. Ukurannya besar. Panjang hampir enam meter dan beratnya sekitar tiga ton. Debut perdana tahun 1967. Saat itu menjadi hadiah untuk memperingati ulang tahun pendiri Toyota, Sakichi Toyoda. Century dibangun diatas platform Toyota Crown. Saat itu Nissan President ukurannya lebih besar. Nissan juga menjadi penguasa pasar di Jepang. Rumah tangga Kaisar saat itu memilih Nissan.

Generasi kedua diluncurkan 1997. Dibalik kap mesinnya yang panjang ada mesin V12 dengan kapasitas mesin 5.0 liter. Inilah mesin V12 satu-satunya yang pernah dibuat pabrikan Jepang.


Generasi terbaru lahir 2018 dan kali ini mengkombinasikan kekuatan dan efisiensi lewat mesin V8 hybrid. Century populer dikalangan elit bisnis Jepang karena penampilannya yang bersahaja. (*)
© 1999-2019 Mobilku.com