Polisi Aussie Pilih Tesla Model X untuk Kendaraan Patroli

12 Jun 2019
Mobilku.com - Jika kepolisian St. Gallen, Swiss baru saja memilih crosssover Hyundai Kona Electric sebagai mobil patroli, sekarang giliran kepolisian Victoria, Australia memilih crosssover listrik premium Tesla Model X Long Range sebagai kendaraan dinasnya.

Dibandingkan dengan Kona, performa Tesla Model X Long Range jauh lebih dahsyat (begitu juga dengan harganya). Kendaraan nyaris tanpa suara ini digerakkan dua motor listrik untuk menggerakkan keempat rodanya. Akselerasi 0 – 100 km/jam dalam 4,6 detik dan jarak jangkau mencapai 575 km.

Tesla Model X di Australia dijual dengan harga AUS$149.000 (sekitar Rp1,47 miliar). Tentu harga ini akan membengkak setelah dilengkapi beragam peralatan pendukung tugas kepolisian seperti sirine, kamera, radio komunikasi, dan sebagainya.

Kepolisian Victoria rupanya tidak hanya memilih Tesla Model X karena performanya di atas kertas ataupun biaya operasional yang lebih hemat dibandingkan mobil konvensional tetapi juga tertarik untuk mengintegrasikan beragam aksesoris yang dibutuhkan ke dalam layar multifungsi bawaan Tesla.

Kepolisian Victoria menggandeng pihak ketiga untuk mengintegrasikan pemindai pelat nomor kendaraan, radar perekam kecepatan, sistem perangkat lunak kepolisian dengan layar infotainment ekstra besar yang menjadi ciri khas Tesla.

© 1999-2019 Mobilku.com