Pertama di Dunia, Uji Tabrakan Helm Sepeda dengan Mobil

12 Jun 2019
Mobilku.com - Volvo bekerja sama dengan POC, produsen peralatan keselamatan bersepeda asal Swedia melakukan serangkaian tes benturan helm sepeda dengan mobil. Pengujian seperti ini adalah yang pertama di dunia. Tujuan dari tes ini adalah untuk mendapatkan data yang lebih akurat yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas keselamatan produk bagi kedua pihak.

Selama ini pengujian helm sepeda dilakukan dengan cara menjatuhkan helm dari ketinggian tertentu ke permukaan keras yang rata maupun bersudut. Serta perlu diingat, helm sepeda tidak dirancang untuk melindungi kepala dari tabrakan langsung dengan kendaraan bermotor. Dalam tes yang dilakukan di Gothenburg ini, boneka uji tabrakan yang berperan sebagai pesepeda ditabrakkan dengan beragam kecepatan dan sudut ke arah kap mesin mobil Volvo yang dalam keadaan diam.

Dari tes ini nantinya akan dapat diketahui seperti apa pengaruh benturan pada kepala yang memakai helm dan yang tidak. Bagi Volvo sendiri juga akan memberikan data yang dapat dijadikan dasar untuk membuat desain mobil yang dapat lebih meminimalkan cedera pada pesepeda.

Volvo hingga saat ini telah melengkapi produk-produk terbarunya dengan sistem keselamatan aktif antara lain sensor pendeteksi pejalan kaki atau pesepeda yang terintegrasi dengan sistem pengereman darurat otomatis.
© 1999-2019 Mobilku.com