Renault EZ-POD, Kapsul Transit Masa Depan

22 May 2019
Mobilku.com - Renault semakin bersemangat menciptakan kendaraan listrik kompak. Baru-baru ini pabrikan asal Perancis tersebut memamerkan konsop unik EZ-POD.

Kendaraan konsep dengan bentuk lucu yang mengingatkan pada kompor anak-anak Trunki ini lebih tepat disebut kapsul komuter daripada mobil listrik. Di dalam kabinnya tidak akan ditemui setir tetapi hanya dua layar untuk menunjukkan informasi perjalanan dan lampu interior yang dapat berubah-ubah warna.

EZ-POD yang dibangun di atas platform mobil listrik mini Twizy ini memang dirancang sebagai alat transportasi otonom jarak dekat yang cocok dioperasikan di dalam bandara, pusat perbelanjaan, kampus, hingga tempat rekreasi. Nantinya penumpang dapat memesan EZ-POD melalui aplikasi khusus dan kapsul beroda ini akan datang dan mengantarkan penumpang ke titik yang dipilih.
Kecepatan kendaraan ini dibatasi hanya sampai 6 km/jam sehingga aman beroperasi di tengah-tengah keramaian pejalan kaki. Sejumlah sensor dipasang sebagai mata dan telinga untuk memandu kendaraan dengan aman.

Di bagian depan di pasang satu kamera dan Lidar (teknologi laser untuk menentukan jarak dengan objek.) Di belakang dilengkapi radar jarak pendek dan jarak jauh. Sementara di atap terpasang dua antena dan GPS untuk navigasi.

Sayangnya Renault belum mengeluarkan pernyataan kapan EZ-POD akan diproduksi massal atau sekedar sebagai kendaraan eksperimental.
© 1999-2019 Mobilku.com