Fitur Keselamatan Mercedes-Benz Masa Depan

21 May 2019
Mobilku.com - Mercedes-Benz sejak awal tahun 1970-an telah menaruh perhatian khusus pada keselamatan penumpang kendaraan produksinya dengan menciptakan mobil-mobil ESV (Experimental Safety Vehicles).

Mobil-mobil eksperimen ini menjadi laboratorium berjalan untuk menguji fitur-fitur keselamatan yang akan ditanamkan dalam kendaraan masa depan. Setelah terakhir kali merilis ESF 2009 berbasis sedan S 400 Hybrid satu dekade lalu, Mercedes-Benz baru saja kembali memamerkan ESF terbarunya.

Pada ESF 2019, Mercedes-Benz menggunakan GLE plug-in Hybrid sebagai basisnya. SUV ini dilengkapi kemampuan berkendara otonom Level 4 di mana sistem ini akan tetap aktif saat pengendara tidak menggenggam setir dan mata tidak memperhatikan jalan.

Sejumlah purwarupa fitur keselamatan masa depan juga diuji di sini. Fitur yang menonjol adalah penggunaan layar LED di grille depan dan kaca belakang untuk mengirimkan pesan kepada pengguna jalan lain apa yang dilakukan mobil dari sudut pandang kendaraan otonom.

Contohnya saat ada penyeberang jalan, layar LED depan akan menampilkan penanda bahwa mobil ini akan melakukan pengereman atau memberikan peringatan dengan cahaya yang menarik perhatian. Sementara layar di kaca belakang akan menampilkan visual yang ditangkap kamera depan sehingga kendaraan di belakang juga dapat melihat ada orang yang akan menyeberang jalan.

Masih banyak lagi fitur keselamatan lainnya termasuk kantung udara generasi terbaru. ESV 2019 akan dipamerkan ke publik di Frankfurt Motor Show bulan September nanti.
© 1999-2019 Mobilku.com