2020 Ford Escape Semakin Ramping

03 Apr 2019
Michigan, Mobilku.com - Crossover Ford Escape model Ford paling laris ke-2 setelah pickup F-series mendapat penyegaran signifikan. Ford menyebutkan lebih ringan, lebih ramping dan lebih sporty. Untuk pertamakalinya pesaing Honda CR-V dan Toyota RAV 4 ini mengalami redesain sejak 2013.

Desainnya modern dengan gaya urban dan tidak menyisakan kesan truk tangguh sepert leluhurnya. Gaya lebih urban untuk menarik minat konsumen yang pindah dari sedan. Direktur global untuk desain crossover dan sedan Ford, Joel Piaskowski membanggakan tampilan depnnya yang jika dilihat dari samping seperti hidung hiu. Fitur yang selama ini menjadi ciri khas Ford Mustang.

Dari samping siluet-nya mirip dengan Mazda CX-5 dan dari depan aksen premium lebih terasa. Salah satu perubahan penting adalah ruang kaki yang lebih besar dari Chevrolet Suburban, full-size SUV yang ukurannya jauh lebih besar. Hal itu dikatakan Hau Thai-tang, VP Product Development and Purchasing, Ford Motor Co.

Interiornya lebih lapang dan kursi baris kedua bisa digeser . Ini salah satu keluhan utama dari model sebelumnya. Jim Hughes, chief program engineer di Ford menjelaskan,"Mereka ingin menjalani hidupnya dengan sederhana ditengah kompleksitas hidup perkotaan. Mobil ini harus bisa menghadapi kerasnya kehidupan kota sekaligus siap untuk hiking, bersepeda dan ke pantai."

Para insinyur Ford berhasil memangkas bobot Ford hingga 90 kg lebih ringan dari model sebelumnya, berkat penggunaan baja hi-strengh tapi ringan.

Ford menyiapkan empat tipe penggerak. Yaitu mesin Ecoboost tiga silinder 1,5 liter yang memproduksi 180hp dan torsi 177 lb-ft. mesin ini dilengkapi dengan cylinder deactivation. beragam sensor dan software bekerja selaras terus menerus untuk memonitor beban mesin dan konsumsi bahan bakar agar optimal apakah menggunakan tiga silinder atau cukup dua silinder. Mesin lain juga Ecoboost berkapasitas 2.0 liter yang memproduksi 250hp dan torsi 275 lb-ft. Kedua mesin bensin ini dipasangkan dengan transmisi 8AT.

Ford juga menyiapkan versi hybrid, yaitu plug-in hybrid vehicle (PHEV) dan Hybrid Electric Vehicle. Keduanya menggunakan mesin empat silinder 2.5 liter Atkinson dan hybrid drive unit generasi ke-empat. Hybrid drive unit ini masih mengandalkan dua motor listrik dan planetary gear untuk menyediakan fungsi seperti transmisi CVT namun secara elektronis. Versi PHEV bisa menempuh hampir 50 km hanya dengan tenaga listrik. Energi listrik disimpan dalam baterai Li-ion 14,4 kWh. Versi HEV menggunakan baterai LI-ion 1,1 kWh.

Fitur standar meliputi forward looking camera, sepasang sensor radar di pojok belakang. Sensor-sensor ini memasok data untuk sistem peringatan tabrakan, deteksi pedestrian, automatic emergency braking, lane keeping assist, blind spot monitoring, dan cross traffic allert. Post-collision braking juga fitur standar yang mencegah mobil mengeelinding jika ada benturan lanjutan.

Fitur opsional adalah adaptive cruise control. Dengan dukungan radar fitur ini bisa menyesuikan kecepatan mobil dengan mobil didepannya. Fitur ini cocok untuk kondisi lalu lintas yang stop and go seperti diperkotaan.

Ford sudah menjual lebih dari 4,5 juta unit Escape sejak diluncurkan pertamakali 2001. (*)
© 1999-2019 Mobilku.com