Volkswagen Siap Kantongi Dana Rp 140 Triliun Dari Hasil IPO Porsche

19 September 2022

dilihat 34x

Mobilku.com - Volkswagen mengatakan bahwa mereka menargetkan akan mendapat Dana sebesar 75 miliar Euro untuk IPO Porsche, menjadikannya IPO terbesar kedua di bursa saham Jerman.


Untuk mencapai target tersebut, Volkswagen akan membuka harga saham preferen untuk Porsche AG dengan harga 76,50 Euro hingga 82,50 Euro per saham.


Sebagai bagian dari pencatatan, 911 juta saham Porsche AG akan dibagi menjadi 455,5 juta saham preferen dan 455,5 juta saham biasa.


Dana investasi negara seperti Qatar, Abu Dhabi, Norwegia, serta perusahaan reksa dana T. Rowe Price kabarnya akan membeli saham preferen senilai 3,68 miliar Euro, yang secara otomatis membuat mereka menjadi deretan investor utama.


Periode penawaran akan dimulai pada 20 September dengan rencana awal perdagangan pada 29 September. Melalui IPO, kekuatan pengambilan keputusan yang signifikan akan diserahkan kembali kepada keluarga Porsche-Piech yang sebelumnya kehilangan kendali atas pembuat mobil sport tersebut lebih dari satu dekade lalu.


Keluarga Piech juga telah setuju untuk membayar premi sebesar 7,5 persen di atas kisaran harga saham preferen dan berencana untuk mendanai akuisisi dengan campuran modal utang sebanyak 7,9 miliar euro dan dividen khusus yang dibayarkan oleh VW. 


Dana dari hasil IPO tersebut kabarnya akan sangat membantu Volkswagen membiayai transisi menuju elektrifikasi serta investasi perangkat lunak.

0 Komentar


Tambah Komentar