Tertangkap Sedang Lakukan Uji Coba, Xiaomi Bakal Produksi EV Swakemudi Pada 2024

09 Jul 2022

Mobilku.com - Setelah sukses di industri smartphone, gadget, dan peralatan rumah tangga, Xiaomi kini mulai mencoba menjejakkan kaki di industri mobil listrik. 


Perusahaan asal China tersebut bahkan telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan memproduksi mobil pertamanya secara massal pada kuartal pertama tahun 2024.


Merespon langkah tersebut, sejumlah pihak meyakini bahwa Xiaomi bukan hanya akan menghadirkan kendaraan listrik saja, tetapi teknologi self-driving berfitur lengkap yang akan bersaing dengan Tesla dan EV lainnya. 


Kehadiran teknologi otonom pada mobil Xiaomi nyatanya benar terjadi. Hal tersebut lantaran belum lama ini beredar sebuah foto gambar yang memperlihatkan mobil Xiaomi sedang melakukan uji coba fitur otonom.


Dari gambar yang dibagikan oleh netizen China, mobil tersebut terlihat dipasangkan sebuah sensor Lidar di bagian atapnya. Sensor Lidar diketahui adalah komponen kunci dari setiap kendaraan otonom, dengan cara memindai objek disekitar mobil. Data tersebut lalu diolah CPU hingga akhirnya dikomunikasikan ke seluruh komponen mobil.


Xiaomi sendiri belum buka suara soal gambar yang beredar tersebut, dan desain mobil yang digunakan sepertinya juga akan berubah. Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa Xiaomi cukup serius untuk mengembangkan produk mobil listrik. 


Keseriusan Xiaomi dalam mengembangkan EV cukup luar biasa, mereka bahkan berniat mengeluarkan dana sekitar 10 miliar Yuan (setara Rp 22 triliun) selama 10 tahun kedepan untuk persiapan dan pengembangan EV. Menariknya, CEO Xiaomi, Lei Jun juga akan turun tangan langsung untuk menjabat sebagai CEO divisi mobil listrik.

0 Komentar


Tambah Komentar