Terlalu Canggih, Ferrari Purosangue Dinilai Pakai Suspensi Dengan Teknologi ‘Alien’

17 September 2022

dilihat 43x

Mobilku.com - Ferrari belum lama ini telah resmi meluncurkan Purosangue sebagai SUV pertama mereka bertenagakan mesin V12 yang hebat. Namun, kehebatan Purosangue bukan hanya pada mesinnya saja, tetapi ada pada sistem suspensinya yang sangat canggih.


Sistem suspensi itu berasal dari perusahaan spare part bernama Multimatic. Mereka mengklaim bahwa suspensi Purosangue telah diberikan teknologi spool-valve aktif yang sudah disempurnakan kembali oleh Ferrari, memungkinkan mobil tetap stabil dan rata ketika mengalami hentakan.


Ferrari menyebut sistem suspensi ini sebagai Ferrari Active Suspension Technology (FAST), yang dirancang untuk mampu menyerap energi yang diberikan oleh permukaan jalan serta tekanan gravitasi saat sedang melaju.


Alih-alih menunggu mobil menabrak gundukan atau berbelok di tikungan, teknologi suspensi ini secara otomatis akan mengangkat dan menggerakkan bodi guna mengurangi beban pada sudut kendaraan.


Segera setelah sistem merasakan adanya gundukan atau situasi yang membutuhkan suspensi, sistem akan segera menyesuaikan setiap peredam pada kendaraan sehingga jalanan rusak atau gundukan tidak akan mempengaruhi performa akselerasi kendaraan.


Dengan demikian, pengemudi di dalam mobil tidak akan merasakan apapun dan mobil tetap rata setiap saat. Multimatic juga mengatakan bahwa sistem suspensi dapat mengontrol gerakan roda lebih baik dan pada frekuensi yang lebih tinggi daripada suspensi adaptif atau semi-aktif manapun yang ada di dunia.


Suspensi canggih ini diketahui menggunakan motor listrik brushless 48 ​​volt untuk beroperasi. Guna menghindari overheating, suspensi ini juga dilengkapi cairan pendingin cairan yang menyalurkan kekuatan tambahan ketika bobot kerja sedang tinggi.


Setiap aktuator peredam pada Purosangue bahkan sudah memiliki modul kontrol motor yang bisa diatur langsung oleh pengemudi. Program ini juga memungkinan suspensi dapat bekerja sesuai dengan tekstur jalan dan berbagai situasi medan yang sedang dilalui.


"Teknologi ini memungkinkan mobil untuk terus mengontrol bodi kendaraan untuk mencapai dinamika vertikal, roll, dan pitch yang ditargetkan pada kecepatan berapa pun. Misalnya, sistem dapat secara aktif menurunkan pusat gravitasi kendaraan yang memungkinan pengereman dan menikung dengan traksi maksimal. Teknologi ini juga dapat mengoptimalkan kontak ban dengan jalan terlepas apapun medan yang dilalui,” ujar Michael Guttilla, VP of engineering Multimatic. 


0 Komentar


Tambah Komentar