Siapa Sangka, Aero Kit Dari Kardus Ini Malah Berhasil Menghemat Bensin

12 September 2022

dilihat 3.123x

Mobilku.com - Ketika Chrysler meluncurkan desain spoiler yang memanjang di akhir 1960-an, banyak orang kebingungan karena desainnya yang aneh dan tampak berbeda.


Desain tersebut diperkenalkan pada Dodge Charger Daytona dan Plymouth Superbird dengan bagian belakang yang sangat panjang dan spoiler tinggi. Akan tetapi siapa sangka, desain aneh tersebut malah membawa mereka mendominasi balap NASCAR berkat tingkat aerodinamis yang sangat luar biasa.


Berbicara tentang aerodinamis, belum lama ini beredar video dimana seorang pemilik Subaru Impreza wagon asal Amerika Serikat mencoba memasangkan desain tersebut pada mobil buatan Jepang miliknya. Namun lucunya, modifikasinya sangat sederhana yang bahkan terlihat seperti sebuah kardus.


Video tersebut berasal dari saluran YouTube Think Flight, dan seperti namanya, kontennya berfokus pada aerodinamika. Berbekal pengalaman mempelajari pesawat, YouTuber ini mengklaim bahwa aerodinamika yang baik mampu menghemat bahan bakar ketika melaju.


Dia mengklaim bahwa Subaru Impreza wagon miliknya mengalami penghematan bahan bakar hingga 13,7 persen ketika dipacu. Mengingat harga bahan bakar yang melambung tinggi, pemilik Impreza ini berpikir bahwa modifikasi aerodinamis bisa menjadi solusi terbaik untuk menghemat uang.


Untuk membangun aerodynamic kit ini, sang YouTuber memasangkan busa yang dipotong dan direkatkan ke bagian belakang mobil. Penutup velg yang terbuat dari karton direkatkan ke velg, dan masih banyak lagi bahan karton yang direkatkan ke mobil di berbagai lokasi.


Semuanya dilakukan tanpa persiapan dan rencana khusus, dirinya hanya memastikan jika bagian belakang yang runcing tetap memperlihatkan lampu belakang dan plat nomor. Dan hasilnya cukup mengejutkan.


Sebelum modifikasi Impreza miliknya dapat mencapai jarak 60 km per gallon (4,5 liter), dengan menggunakan modifikasi kardus tersebut dirinya mengakui dapat menambah jarak kurang lebih 15 kilometer.


Angka tersebut memang perbedaan kecil, tetapi ini adalah langkah kecil menuju sesuatu yang besar. Jika desain minimalis dari kardus saja bisa bermanfaat, bayangkan jika riset yang sama menggunakan dana jutaan dollar?


1 Komentar


Bejo

Kalo disini auto tilang

0 Balasan

Reply

Tambah Komentar