Pamer Teknologi, Toyota Nyalakan Lampu Satu Stadion Dengan Energi Hidrogen

01 Aug 2022

Mobilku.com - Toyota sedang memamerkan betapa hebatnya potensi penerapan teknologi hidrogen dengan memberikan daya listrik untuk sebuah stadion dalam gelaran Australian Football League.


Menggunakan pembangkit listrik bernama EODev GEH2, atau disingkat EODev, unit sel bahan bakar hidrogen stasioner ini beroperasi menggunakan sel bahan bakar yang sama dengan Toyota Mirai.


Toyota mengatakan bahwa pembangkit EODev ini mampu menghasilkan daya hingga 105 kWh listrik selama tujuh jam dan menggunakan total 6kg hidrogen. Bukan cuma itu, Toyota bahkan mengklaim jika pembangkit ini mampu mengurangi 100 kg CO2 jika dibandingkan dengan pembangkit atau genset diesel.


Manajer solusi energi Toyota Australia, Matt Macleod mengatakan bahwa demonstrasi unit EODev ini dimaksudkan untuk menunjukkan jika teknologi hydrogen tidak hanya untuk transportasi dan otomotif saja.


“Toyota melihat sel bahan bakar hidrogen sebagai sumber utama energi listrik terbarukan yang bersih di masa mendatang, sebagaimana dibuktikan oleh kendaraan seperti Mirai FCEV. Bermitra dengan AFL untuk membantu mendukung permainan Putaran 19 di Marvel Stadium menunjukkan ruang lingkup luar biasa yang dimiliki teknologi ini, sambil tidak menghasilkan emisi CO2,” kata Macleod.


Selain memiliki unit EODev yang memberi daya pada Marvel Stadium, Toyota juga menampilkan Toyota Mirai generasi serta cara kerja powertrain FCEV kepada penonton yang datang. Dalam sesi showcase nya, Toyota mengatakan bahwa Mira FCEV dapat menampung hidrogen hingga 5 kg dan memiliki jarak tempuh hingga 650 km.


Namun perlu dicatat, hingga saat ini Toyota Mirai hanya tersedia untuk pesanan armada saja, dan belum ada kabar mengenai pembelian untuk konsumen.

0 Komentar


Tambah Komentar