Lebih Mewah dan Bertenaga, SUV Baru Porshce Siap Menjadi Rival BMW iX

03 Aug 2022

Mobilku.com - Porsche sebelumnya melaporkan bahwa mereka tengah mengerjakan sebuah SUV listrik baru yang lebih mewah yang akan duduk di atas Cayenne dalam jajaran perusahaan. Tidak hanya itu, SUV listrik baru ini juga digadang-gadang akan mampu menggeser BMW iX dari posisinya.


Diumumkan rapat pembaruan strategi minggu lalu, model baru ini diketahui akan memiliki nama K1, dan dibangun menggunakan versi modifikasi dari arsitektur listrik SSP VW Group. Bos Porsche Oliver Blume tidak hanya mengungkapkan rencana kendaraan barunya tersebut, tetapi juga mengkonfirmasi bahwa mobil ini akan diproduksi di pabrik Leipzig, dan memiliki fokus untuk mendominasi pasar Eropa.


“Mobil baru ini akan semakin memperluas posisi kami di segmen otomotif mewah. Kami menargetkan segmen margin yang lebih tinggi secara khusus dan bertujuan untuk memanfaatkan peluang penjualan baru dengan cara ini,” ujar Blume.


Arsitektur SSP – atau Scalable Systems Platform – diharapkan akan tiba pada tahun 2026, dan diklaim akan menggabungkan seluruh elemen terbaik dari platform MEB Grup VW yang ada saat ini. Bukan hanya itu, platform ini juga kabarnya akan dipakai untuk menghadirkan Porsche Macan all-electric yang diperkirakan akan tiba pada tahun 2024.


Pihak pabrikan mengatakan jika arsitektur SSP akan menawarkan sistem kelistrikan dari 400V hingga 800V untuk tipe sport, dan sudah support dengan pengisian hingga 350 kW. Porsche rencananya akan memimpin proyek SSP ini, dan memastikan jika Lamborghini, Bentley, dan Audi juga dapat menggunakan teknologi ini.


Selain akan dipakai untuk membangun Macan EV, Porsche juga berencana membangun Cayenne generasi berikutnya sebagai kendaraan serba listrik yang lebih canggih dan bertenaga.

0 Komentar


Tambah Komentar