Jadi Buas, Toyota Hilux Ini Dimodif Menggunakan Mesin V12 Twin-Turbo

21 September 2022

dilihat 1.349x

Mobilku.com - Toyota Hilux adalah salah satu pickup dengan reputasi yang sangat baik di pasaran. Seolah tidak puas dengan yang ditawarkan oleh pabrikan, belum lama ini saluran YouTube Cars.co.za melakukan wawancara kepada pemilik Hilux yang mengganti mesinnya menjadi V12 twin-turbocharged.


Hilux bermesin V12 ini dibangun oleh FatBoy Fab Works, sebuah bengkel modifikasi yang berlokasi di Knysna, Afrika Selatan. Kisah mobil ini dimulai sekitar tiga hingga empat tahun lalu, ketika pemilik FatBoy Fab Works, Francois Fritz, menggunakan Hilux tersebut sebagai mobil keseharian untuk bekerja, tetapi ia merasa jika mesin bawaan pabrik kurang memadai.


Awalnya Fritz hanya mempertimbangkan engine swap yang lebih sederhana seperti 1JZ atau 2JZ inline-6 untuk meningkatkan performa. Namun karena dinilai terlalu sederhana, FatBoy Fab Works akhirnya memutuskan untuk memakai mesin 5.0 liter 1GZ V12 agar lebih bertenaga.


Mesin 1GZ V12 terkenal karena dipakai oleh JDM Toyota Century, di mana ia dapat ditemukan dari tahun 2004 hingga 2017. Seolah V12 masih belum menantang, bengkel tersebut menambahkan dua turbocharger Garrett GT3582 di atasnya.


Untuk mendukung sistem induksi, truk FatBoy Fab Works juga memasang piston khusus dan sepasang ECU Spitronics untuk mengelola mesin dan girboks. Berbicara tentang gearbox, mereka memutuskan untuk menggunakan sistem empat kecepatan yang bersumber dari Toyota Supra.


V-12 yang fenomenal ini diketahui memberikan Hilux tenaga sebesar 563 hp dan torsi 900 Nm dengan konfigurasi RWD. Mengingat konfigurasinya yang super bertenaga, Hilux ini bahkan diketahui telah banyak berkompetisi di acara hillclimb lokal hingga mengejutkan para komentator dengan powertrain-nya yang besar.



0 Komentar


Tambah Komentar