Gemparkan GIIAS 2022, Daihatsu Indonesia Bawa Ayla EV dan Rocky Hybrid

12 August 2022

dilihat 62x

Mobilku.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) secara mengejutkan memboyong prototype mobil listrik Ayla EV di GIIAS 2022, dimana mobil ini merupakan hasil kreasi pusat penelitian dan pengembangan (litbang) di Indonesia dan Daihatsu Indonesia. 


Dalam sambutannya di GIIAS 2022, Presiden Direktur ADM Yasushi Kyoda mengatakan, Daihatsu memiliki R&D Center alias pusat litbang terbesar di Indonesia, terletak di Karawang, Jawa Barat, beroperasi sejak 2011. "Daihatsu berkomitmen untuk mengembangkan sumber daya manusia yang kompeten dan kami sudah mengirim lebih dari 250 teknisi lokal ke Jepang untuk mempelajari teknologi baru," ujar Kyoda.


Daihatsu Indonesia membongkar Ayla dan memasangkannya sistem penggerak listrik, baterai, hingga suspensi baru. Ini artinya mereka sudah membuang mesin, ban cadangan serta tangki bahan bakar untuk menyulap mobil ini menjadi EV. Tim R&D ADM juga mengatakan bahwa mereka telah memasangkan motor listrik berkekuatan 60 kilo Watt, yang dikawinkan dengan paket baterai berkapasitas 32 kWh.


Selain Ayla EV, Daihatsu Indonesia juga memamerkan Rocky Hybrid yang menggunakan mesin bensin WA-VE 1.200 cc 3-silinder yang ada di Daihatsu Rocky 1.2 L. Untuk elektrifikasinya, pabrikan memasangkan sistem hybrid Atkinson Cycle yang diklaim lebih efisien jika dibandingkan dengan Otto Cycle. 


Baterai yang digunakan berjenis Lithium-Ion Battery dan punya bobot 20,8 kilogram. Sementara untuk penyimpanan baterainya, ada di bawah kursi penumpang belakang. Baterai Rocky Hybrid sendiri memiliki kapasitas 4,3 Ah, yang terdiri dari 24 sel dan memiliki Steady-State Voltage 177,6 V. 


Sayangnya, belum diketahui apakah kehadiran Rocky Hybrid di GIIAS 2022 ini hanya sekadar dipamerkan atau akan dijual di Indonesia. Menurut rumor yang beredar, pihak Daihatsu akan terlebih dahulu melakukan tes pasar, sebelum akhirnya menjual Rocky Hybrid di Indonesia.

0 Komentar


Tambah Komentar