Dongfeng M-Terrain EV, Duplikat Hummer EV Asal China Yang Keren

03 September 2022

dilihat 1.692x

Mobilku.com - Pasar China memang tidak ada habisnya jika perihal membuat produk super copy. Pasalnya, Dongfeng Motor China belum lama ini membagikan teaser pertama dari EV Seri M Mengshi yang desainnya benar-benar menyerupai Hummer.


Jika kalian berpikir Dongfeng mencuri desain dari GM, kalian salah besar. Secara teknis, Dongfeng telah resmi memperoleh hak untuk membangun kendaraan militer China berdasarkan Humvee asli. Kesepakatan tersebut dimulai pada tahun 2004, dan sudah ditandatangani langsung oleh perwakilan militer Amerika Serikat.


Dongfeng nyatanya menggunakan perjanjian militer tersebut untuk membuat model komersial, dengan memperkenalkan sebuah EV bernama M-Terrain. Bukan hanya soal desain, Dongfeng M-Terrain bahkan memiliki fitur crabwalk yang sama seperti GMC Hummer EV.


Perihal teknologi M-Terrain juga menggunakan desain board listrik yang sama seperti GMC Hummer EV, dimana baterai ditempatkan serendah mungkin. Akan tetapi, di situlah kesamaan berakhir, dan M-Terrain punya sesuatu yang lebih baik dan hebat dari Hummer EV


Hummer spesifikasi teratas memiliki pengaturan tri-motor yang menghasilkan 1.000 tenaga kuda dan torsi 1.200 lb-ft. Semntara Dongfeng menggunakan setup empat motor, yang menghasilkan tenaga sebesar 1.073 hp. Dengan menempatkan motor setiap rodanya, Dongfeng percaya bahwa kemampuan tersebut akan lebih baik daripada versi Amerika nya. 


Pihak Dongfeng bahkan mengatakan jika M-Terrain memiliki berat sekitar 3,2 ton, atau 1 ton lebih ringan dibandingkan Hummer EV yang memiliki berat 4.1 ton. Sayangnya M-Terrain hanyalah sebuah mobil konsep, tetapi perusahaan asal China tersebut mengklaim bahwa M-Terrain akan segera memasuki jalur produksi pada tahun 2023.


Dongfeng China adalah pabrikan besar yang tidak bisa dianggap remeh. Pabrik tersebut merupakan no 4 di China, dan telah bermitra dengan beberapa pabrikan ternama seperti Honda, Volvo, Peugeot Citroen, Kia, dan Renault.  Kemitraan yang paling menonjol adalah dengan Nissan, di mana Dongfeng berhasi menghasilkan Rich 6 EV yang cukup sukses di China.


0 Komentar


Tambah Komentar