Bos Lexus Ingin Ciptakan Supercar Listrik Dengan Transmisi Manual #SaveManual

15 August 2022

dilihat 618x

Mobilku.com - Sepertinya semua mobil listrik yang rilis sudah dapat dipastikan akan menggunakan transmisi automatic dibandingkan dengan manual. 


Melihat fenomena tersebut, President Lexus International, Koji Sato mengatakan bahwa para insinyur Lexus saat ini sedang bereksperimen untuk menempatkan gearbox manual di LFA EV yang akan datang.


Ya, Anda membacanya dengan benar. Koji Sato benar-benar ingin menemukan cara untuk memberikan EV supercar sebuah stick shifter agar membuat kesan yang lebih memuaskan bagi para pecinta manual transmission.


"Manual adalah hobi saya, dan saya tau ini tidaklah mudah. Saya ingin memberikan koneksi antara mobil dengan penumpang melalui gear shift, dan Ini bukan hanya tentang efisiensi. Saya suka mobil manual dan menginginkan sesuatu yang berbeda," ujar Sato.


Umumnya EV tidak menggunakan transmisi multi-gigi, karena efisien pada rentang putaran yang luas dan dapat menghasilkan torsi maksimum dari nol rpm. Sebagai contoh, motor listrik Tesla Model S Plaid dapat berputar hingga 20.000 rpm menggunakan gigi tunggal dan membuat mobil mengeluarkan akselerasinya dalam waktu yang singkat.


Sato mengatakan bahwa sistem transmisi manual pada LFA EV akan menjadi pembeda yang luar biasa bagi mobil tersebut. Sato juga sadar bahwa teknologi tersebut perlu waktu untuk dikembangkan, dan tidak bisa terburu-buru. Akan tetapi, ide tersebut adalah sebuah inovasi yang membuat supercar listrik tampak lebih hidup dan seru untuk kendarai.


Pihak Lexus mengatakan bahwa prototype LFA EV yang sedang mereka kembangkan memiliki jangkauan kemudi sejauh 700 km dalam satu kali charging. Hal tersebut dapat ditempuh berkat penggunaan solid-state battery yang berukuran lebih kecil dengan tenaga yang luar biasa.

0 Komentar


Tambah Komentar