Bertepatan Ultah Honda Civic Ke-50, Varian Type R Generasi Terbaru Meluncur

21 Jul 2022

Mobilku.com - Setelah serangkaian spy shot dan teaser yang panjang, Civic Type R akhirnya siap untuk melakukan debut resminya. Debut hot hatchback terbaru ini dikabarkan akan bertepatan dengan peringatan 50 tahun Civic, serta 30 tahun sejak Type R pertama diluncurkan.


Pihak Honda mengatakan bahwa mobil ini akan menjadi Type R paling kuat yang pernah diproduksi oleh mereka. Hal tersebut juga sudah dibuktikan ketika Civic Type R ini melakukan uji coba di sirkuit Suzuka. Hasilnya, Civic Type R dinobatkan sebagai mobil produksi FWD tercepat yang pernah di uji di Suzuka.


Sama seperti Civic Si, Civic Type R terbaru ini diharapkan akan dijual secara eksklusif dengan gearbox manual enam percepatan. Pabrikan bahkan memasangkan mesin 2.0 liter turbocharged edisi terbaru yang digerakan melalui sistem FWD.


Sebenarnya sempat ada beberapa rumor di Jepang yang menyatakan bahwa Honda akan menghadirkan versi powertrain hybrid dengan AWD. Namun, Honda perlu mengubah seluruh formula dan perhitungannya jika ingin menghadirkan versi hybrid dari Civic Type R. Tidak menutup kemungkinan jika mobil ini hadir di masa mendatang.


Secara desain memang tidak terlalu banyak yang berubah, tetapi Civic Type R kali ini hadir dengan desain yang lebih ceper dengan tingkat aerodinamis yang sudah diperbarui. Desain bumper depan kini lebih agresif, menampilkan gaya honeycomb grille yang membuatnya semakin sporty.


Masuk ke bagian dalam, kita langsung disambut dengan jok kursi depan berwarna merah cerah yang sangat elegan. Namun menurut kabar yang beredar, jok berwarna merah ini hanya akan diberikan untuk versi Eropa dan AS, jadi kami tidak dapat memastikan apakah di Indonesia akan hadir dengan jok hitam atau merah.


Untuk bagian kabinnya kurang lebih sama seperti mobil performance Honda lainnya, yakni sistem infotainment layar sentuh 9,0 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel, kontrol iklim ganda otomatis, dan kluster pengukur digital. Sejauh ini perbedaannya terdapat pada penambahan logo drive +R yang terpasang di lampu shift, posisi gigi, serta tampilan tachometer bergaya race car.


Honda belum mengatakan berapa harga Civic Type R 2023, tetapi diperkirakan mobil ini akan dijual melebihi harga model 2021, yang artinya dimulai dari $38.910 atau setara dengan Rp 590 jutaan di AS.

0 Komentar


Tambah Komentar