Mobil saya laku setelah 3 hari iklan di mobilku.com, pembeli jg tdk bnyk pertanyaan krn sdh kenyang lihat foto2... Djohan, Bekasi
 

Daily Auto News

Kejutan Tesla Dibalik Semi Truck


(20/11/2017) - Tesla memperkenalkan Semi Truck, traktor head bertenaga listrik yang mampu menempuh jarak 500 mil setiap kali isi ulang. Motor dan baterainya bisa beroperasi hingga jarak tempuh 1 juta mil. Elon Musk, CEO Tesla mengklaim biaya operasional Semi Truck ini lebih murah truk diesel. Rencananya model ini akan diproduksi mulai 2019.



Truck baru itu itu sangat krusial untuk mewujudkan visi Musk untuk membangun armada mobil listrik di semua lini. Truk listrik diperkirakan akan memberi dampak signifikan pada sektor transportasi. Apalagi Califorina memiliki rencana untuk menghapus truk bermesin diesel yang beroperasi di pelabuhan Los Angeles dan Long Beach, digantikan mobil LNG atau listrik. Apalagi dengan penambahan fitur swakemudi seperti Autopilot, akan menjadi fitur standar pada Tesla Semi Truck. Hal itu akan membantu mengurangi biaya untuk SDM pelabuhan.

Target market Tesla adalah perusahaan pemilik armada truk besar. Pengguna pertama nantinya adalah Tesla sendiri yaitu untuk transportasi komponen dari pabrik baterai gigafactory di Nevada ke pabrik perakitan mobil di California.

Saat ini bukan hanya Tesla yang mengembangkan truk listrik. Daimler AG, produsen Mercedes-Benz sudah beberapa kali memperlihatkan protitpe truk listrik pada tahun ini. Paccar Inc. malah mengembangkan truk dengan beragam sumber tenaga mulai dari listrik, hybrid, fuel cell dan gas alam. Volvo AB juga melakukan ujicoba truk hybrid. Sementara Navistas International Corp bersama divis truk Volkswagen AG memilih mengembangkan truk listrik kelas medium.

Ada kejutan Musk yang disimpan di balik truk besar itu. Yaitu sports car roadster yang diklaim akan menjadi mobil produksi paling kencang. Model itu ditargetkan bisa berakselerasi dalam waktu 1.9 detik 0-60 mil per jam dan jarak tempuh sebelum isi baterai adalah 620 mil.

"Mengendarai mobil sport bensin akan terasa seperti mesin uap," katanya kepada audiens yang berkumpul di studio desain Tesla deka Los Angeles, Jumat (17/11).

Saat ini mobil produksi tercepat adalah supercar Koenigsegg Agera RS. Mobil ini mencetak rekor kecepatan di jalan raya hingga 447 km/jam. Supercar buatan Swedia ini menggunakan mesin twin turbo aluminum 5,0L V8 yang bisa memproduksi daya maksimal 1300 hp.


Home   Prev   Next

Bookmark and Share