Gaya tulisan mobilku.com sifatnya netral dan objective...Kiki
 

Daily Auto News

Unit Pertama Bugatti Chiron siap dikirim


(10/02/2017) - Bugatti menyiapkan Chiron pertama untuk dikirim yang sekaligus mengungkapkan fakta bahwa untuk memproduksi satu unit Chiron butuh waktu enam bulan. Mobi yang harganya hampir USD 2,4 juta adalah penerus Bugatti Veyron diperkenalkan pertamakali 2005. Mobil ini hanya akan diproduksi 500 unit sama seperti pendahulunya. Mobil yang memiliki daya mesin hingga 1,479 hp ini memecahkan rekor kecepepatan mobil produksi yang sebelumnya dipegang Bugatti Veyron Super Sport yaitu 431 km/jam. Sprint dari nol - 100 km belum diumumkan tapi diperkirakan disekitar 2,5 detik.



Chiron menggunakan mesin berkapasitas 8.0 liter W16 quad-turbo yang bisa memproduksi 1479 bhp dan torsi 1600 Nm. Arsitektur mesinnya mungkin sama dengan Veyron, yaitu W16, tapi boss Bugatti Wolfgang Durheimer mengatakan 95 persen komponen mesin berbeda.

Mobil ini diproduksi Alsace, Prancis dan pengiriman pertama diharapkan mulai triwulan pertama tahun ini dan setiap tahun diharapkan bisa diproduksi 70 unit. dari 500 unit yang akan diproduksi, 200 unit diantaranya sudah terjual. Menurut Autoexpress, 15 unit diantaranya sudah dipesan pembeli dari Inggris dan satu diantara pembeli itu memesan 6 unit sekaligus.

Menurut Bugatti butuh waktu enam bulan untuk memproduksi satu unit sejak dipesan hingga dikirim ke pembelinya. Proses yang terbilan super panjang untuk ukuran sebuah mobil. Bandingkan dengan produksi mobil-mobil massal di Indonesia yang hitungannya hari.

Proses panjang itu karena setiap mobil dibuat secara personal sesuai dengan pesanan pemiliknya. Setelah daftar permintaan diterima, Bugatti mulai merakit mesin, body, sasis dan menyatukannya. Dari sana dilanjutkan dengan proses pengecatan. Butuh wakti hingga tiga minggu untuk mengecat. Mesin monster seberat 628 kg dikirim dari pabrik Volkswagen di Salzgitter. Insinyur Bugatti kemudian memasangnya dengan tangan. Setelah itu bagian belakang dirakit termasuk menggunakan 14 baut titanium berukuran besar. Selanjutnya bergeser membangun bagian depan, melengkapi kabel-kabelnya, memasang komponen vital seperti pompa air untuk proses pendinginan.

Selanjutnya bergeser ke bagian interior dimana Bugatti menyediakan pilihan 31 warna kulit yang berbeda-beda, 8 warna Alcantara, 30 nuansa warna benang, 18 jenis karpet dan 11 seatbelt yang bisa dipesan konsumen. Pendek kata, apa yang diinginkan konsumen akan diupayakan terwujud, sepanjang uangnya ada.


Home   Prev   Next

Bookmark and Share