Automotive news that I can understand, you made me feel "smart", mobilku.com....Bernard
 

Daily Auto News

Selamat tinggal Windows Vista


(10/04/2017) -


Microsoft secara resmi menghentikan support untuk sistem operasi yang diluncurkan 10 tahun lalu itu. Dengan kata lain, pengguna diharapkan untuk bermigrasi ke versi yang lebih baru agar tetap aman dari serangan virus jahat.

Awal 2000-an Microsoft meluncurkan tiga operating sistem secara luas. Awal 2000 lahir Windows 2000, yang disusul dengan Windows Millenium yang banyak dikeluhkan konsumen. Akhirnya lahir Windows XP yang menyelamatkan nama besar perusahaan yang didirikan Bill Gates.

Windows XP diterima luas dan menjadi operating system yang sangat populer hingga bertahun-tahun. Hingga tahun 2006 lahir Window Vista.

WIndows vista muncul kelahirannya disambut dengan kritik gegap gempita. Dikembangkan dengan kode Longhorn, Microsoft berangan-angan menjadikan Vista untuk merevolusi sistem operasi Windows dengan sistem file baru dan user interface. Namun dalam proses pengembangannya, Longhorn berputar-putar tak terkendali sehingga Microsoft terpaksa mengatur kembali rencananya dan fokus untuk menyediakan versi stabil di tengah-tengah masa pengembangannya.

Microsoft memang ambisius dengan sistem operasi ini. salah satunya adalah Aero user interface. Lebih dikenal sebagai Windows Aero atau Aero Glass yang membuat Windows Vista terlihat benar-benar tampil baru. Aero ini mengubah tampilan windows menjadi panel kaca blur. Sidebar menyediakan akses cepat ke widget dan Start menu ke Window Vista. Namun tampilan grafisnya yang sangat kuat, fitur ini jarang dipakai. fitur ini juga menuntut dukungan hardware lebih maju yang menyebabkan pengguna komputer lawas protes. Karena itu ada yang mengatakan Windows Vista lahir mendahului jamannya.


Home   Prev   Next

Bookmark and Share