AUTONEWS

Airbag Lutut Ternyata Tidak Begitu Efektif

15 Agustus 2019

Mobilku.com - Airbag merupakan fitur yang penting untuk mencegah kematian dalam kecelakaan pada kendaraan. Namun dalam studi terbaru oleh Institute for Highway Safety menyarankan bahwa airbag lutut, tidak banyak membantu dalam mencegah cedera. Pada beberapa kasus, menurut para peneliti, fitur ini bahkan meningkatkan resiko kecelakaan.


Airbag lutut, yang muncul dari dashboard bawah mobil, dimaksudkan untuk mendistribusikan kekuatan dampak pada kaki penumpang pada saat terjadi kecelakaan, sehingga dapat mengurangi cedera pada bagian kaki. Dirancang untuk mengatur pergerakan bagian bawah tubuh, airbag ini juga membantu mengurangi dampak pada perut dan dada.


IIHS melihat data dari 400 uji coba tabrakan bagian depan yang mereka lakukan sebagai program penilaian kendaraan untuk mengetahui apakah peluang cedera berkurang pada mobil yang dilengkapi airbag lutut. Dari sisi pengemudi, airbag lutut berhubungan dengan naiknya resiko cedera kaki.


Studi tersebut juga menemukan bahwa airbag lutut tidak memiliki efek apapun terhadap tingkat cedera pada uji coba tabrakan berkecepatan sedang bagian depan. Berdasarkan laporan kecelakaan dunia dari 14 negara bagian, IIHS menyimpulkan bahwa airbag lutut memang mengurangi resiko cedera dari 7.9 persen menjadi 7.4 persen - hasil yang kurang signifikan menurut organisasi tersebut.


Jika memang airbag lutut ini lebih membahayakan daripada membantu penumpang, seperti yang dikatakan oleh studi tersebut, lalu mengapa fitur ini dipasang pada kendaraan? Menurut IIHS, mungkin saja airbag lutut berguna untuk penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman ketika tabrakan terjadi.

Popular News

Saturday, 21 September 2019

Ziptron: Teknologi Powertrain Terbaru dari Tata Motors

Saturday, 21 September 2019

Toyota Invest 391 Juta Dolar AS Untuk Mengekspansi Pabriknya di San Antonio

Saturday, 21 September 2019

Mitsubishi Membawa Mobil Konsep Hybrid SUV Tanpa Atap di Tokyo Motor Show

Rekomendasi

About Us

Established in 1999, Mobilku is an automotive marketplace platform where car enthusiasts, car buyers and sellers get together regularly.

Studies have proven that today’s Indonesian often started their car searching and researches online to find the right vehicles and to seek better deals from credible sellers. With continuing improvements and upgrades, we hope that your visits on Mobilku.com are enjoyable and rewarding.

Thank you!

fb.svgig.svgwa.svg
logo.svg