Siapa Bilang Mobil Listrik Tidak Bisa Jauh dari Kota

21 May 2019
Mobilku.com - Mobil listrik masih belum bisa lepas dari stereotip sebagai kendaraan dengan jangkauan terbatas yang tidak bisa jauh dari sumber listrik untuk mengisi ulang baterai sehingga lebih cocok digunakan di dalam kota. Anggapan itulah yang berusaha dipatahkan oleh produsen pikap listrik Rivian.

Rivian dengan percaya diri memboyong pikap R1T ke Overland Expo West di Arizona bagaimana kendaraan yang sepenuhnya bertenaga listrik ini dapat menjadi kendaraan yang menyenangkan untuk jarak jauh dan berkemah jauh dari kota layaknya pikap konvensional.

Rivian R1T di gerakkan satu motor listrik di setiap rodanya. Total tenaga yang dihasilkan mencapai 750 hp dan mampu mencapai jarak 400 km dengan baterai terisi penuh. Kendaraan ini juga masih aman dioperasikan melintasi air sedalam 1 meter.

R1T mampu menarik beban seberat 5 ton, dilengkapi suspensi udara dengan travel mencapai 356 mm, dan bagasi tambahan 330 liter di bawah kap depan.

Dalam ajang pameran perlengkapan berkemah yang diadakan dua tahun sekali ini, Rivian R1T ini dilengkapi dengan tenda knock down di atas bak kargo, colokan listrik AC 110 volt, tangki air 19 liter, dan kompor listrik induksi yang dapat ditarik keluar dari sisi kanan baknya. Anda dapat memasak dan menggunakan penerangan selama seminggu dan hanya menghabiskan 11 persen dari kapasitas total baterai 180 kWh-nya.

Rivian R1T akan mulai dipasarkan di AS akhir 2020 dengan harga mulai US$69.000 (sekitar Rp997,6 juta).
© 1999-2019 Mobilku.com