Cina Umumkan Terobosan Harga Lithium

17 May 2019
Mobilku.com - Biaya untuk memproses Lithium -bahan baku utama baterai Li-ion yang dipakai mobil listrik- bakal jauh lebih murah berkat terobosan teknologi Cina. Pemerintah Cina mengklaim menemukan cara untuk mengekstraksi Lithium dengan biaya sekitar USD 2.180 per ton. Ini harga yang sangat murah dibandingkan metode yang digunakan saat ini, yang biayanya antara USD12.000 - USD20.000 per ton.

Harga Lithium di Cina memang terus turun, namuun harga di sekitar USD 2000 itu teritori baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tidak disebutkan terobosan macam apa sehingga harganya bisa sangat murah.

laman Southh China Morning Post melaporkan, ongkos produksi Lithium jadi rahasia perusahaan yang paling penting. Namun kalangan industri mengakui harga yang disebut pemerintah itu sangat rendah atau mungkin yang paling rendah sepanjang sejarah.

Lebih dari 60 persen batterai Li-ion diproduksi Cina. Negara itu juga mengendalikan hampir semua fasilitas produksi lithitum. Itulah sebabnya AS membahhas undang-undang baru yang akan mendorong lahirnya tambang-tambang Lithium di Amerika Serikat. Juga penambangan mineral-mineral lain yang nantinya digunakan oleh mobil listrik.

Menurut data US Geological Survey, Negeri itu memiliki cadangan 35.000 ton Lithium. Saat ini hanya Albermarle Corrp. yang menambang Lithium di AS. Perusahaan ini bisa memproduksi 6000 ton setahun. (*)
© 1999-2019 Mobilku.com