Mengejutkan, Ini Penjualan Mobil Listrik Tahun Lalu

17 May 2019
Mobilku.com - Tahun lalu lebih dari 2 juta mobil listrik terjual di seluruh dunia. Grafik penjualan mobil tanpa BBM ini diprediksi akan melesat dalam tahun-tahun mendatang. Lalu menyalip penjualan mobil konvensional (internal combustion engine/ICE) pada dekade 2030.

Analisa itu muncul dari BloombergNEF yang memperkirakan penjualan mobil penumpang bertenaga listrik mencapai 10 juta unit pada tahun 2025. Lalu naik dengan cepat menjadi 28 juta pada 2030 dan 56 juta tahun 2040. Pada era itu, diperkirakan populasi mobil listrik sudah lebih banyak dari mobil ICE. Diprediksi mencapai angka 57 persen dari total populasi mobil.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan eksponensial itu adalah semakin murahnya harga baterai. Standar emisi yang lebih ketat juga berperan dalam mendorong migrasi dari ICE ke mobil listrik.

Menurut BloombergNEF, pertumbuhan ini bisa lebih cepat jika penyebaran stasiun isi ulang listrik semakin luas. Pemilik mobil listrik akan semakin mudah mendapatkan pasokan energi meskipuun jauh dari rumah.

Bus listrik akan tumbuh lebih cepat dari mobil listrik maupun truk listrik. Saat ini sudah ada sekitar 400.000 unit bus listrik yang beroperasi diseluruh dunia, menurut BloombergNEF. Angka ini sudah mencapai 20 persen dari total bus yang beroperasi di dunia saat ini. (*)

© 1999-2019 Mobilku.com