Ambisi Shell Di Era Mobil Listrik

15 May 2019
Mobilku.com - Era mobil listrik semakin dekat. Shell sebagai perusahaan penyedia energi ikut terlibat dalam membangun ekosistem baru ini. Tahun ini, Shell mulai melengkapi SPBU-nya di Jerman dengan high power charger. Tahun ini targetnya 50 stasiun charger akan dibangun. Total 100 unit charging points dengan kapasitas masing-masing sedikitnya 150 kW.

Untuk mewujudkan proyek itu, Shell menggandeng EnBW Energie Baden-Wurttemberg. Keduanya akan memasang high power charging station dengan koneksi CSS, CHadeMO dan AC type2. Masing-masing bisa memasok listrik hingga 150kW untuk dua mobil sekaligus. Atau sampai 300kW jika hanya satu mobil yang isi ulang. Tiga lokasi yang diprioritaskan adalah Cologne, Oberhausen dan Munich.

"Mobiliitas listrik pasti akan meningkat," kata Jan Toschka, yang mengepalai bisnis pengisian bensin Shell di Jerman, Austria dan Swiss. Stasiun isi ulang listrik selanjutnya akan dibangun diseluruh negeri. Shell juga memasang sejumlah charging di sejumlah SPBU-nya seperti di Inggris, Negeri Belanda, dan Cina.

Raksasa migas Belanda ini sangat serius berambisi masuk ke bisnis charging. mereka mengakuisisi sejumlah perusahaan sektor energi pendukung mobilitas listrik. Februari lalu Shell mengambil alih produsen baterai Jerman Sonnen. Oktober 2018 membeli perusahaan pembuat infrastruktur charging NewMotion dan awal tahun ini membeli perusahaan AS Greenlots yang juga bergerak dibidang yang sama. Shell juga jadi investor di perusahaan start up Ample yang fokus di bisnis battery swaps. (*)
© 1999-2019 Mobilku.com