Vonis Pabrik Civic di Inggris

14 May 2019

Mobilku.com - Nasib pabrik Honda UK Manufacturing di Swindon, Inggris sudah diputuskan. Pabrik yang memproduksi hatchback Honda Civic ini akan tutup 2021 bersamaan dengan selesainya siklus hidup Civic generasi saat ini.

Ada 3500 orang pekerja yang akan kehilangan pekerjaan akibat keputusan itu. Dalam pernyataannya Honda menegaskan keputusan itu diambil setelah menuntaskan proses konsultasi menyeluruh dengan semua pihak.

Keputusan Honda jadi pukulan besar bagi pemerintah Inggris. Tahun ini, Land Rover merumahkan 4500 orang pekera, Nissan sudah pasti tidak memproduksi X-Trail di Sunderland, dan Ford sudah umumkan kurangi pekerjanya.

Honda memilih memproduksi di Jepang saja. Ada beberapa alasan mengapa keputusan itu dibuat. Salah satunya kesepakatan perdagangan bebas pemerintah Jepang dan Uni Eropa yang menghapus tarif masuk impor.

Lalu, ancaman perang dagang Trump terhadap Eropa membuat opsi ekpor Civic ke Amerika Serikat kehilangan daya tarik. Honda juga tertarik mengembangkan pasar Cina yang potensial. Dan mengelola pasar besar itu lebih mudah dilakukan langsung dari Jepang.

Pabrik Honda di Swindon berdiri 1985. Total investasinya mencapai 1,5 miliar poundsterling. Kapasitas produksinya mencapai 250.000 unit pertahun. Pabrik ini mampu memproduksi Jazz, CR-V dan Civic. Namun paska krisis ekonomi 2008, pabrik ini hanya memproduksi Civic hingga sekarang. (*)
© 1999-2019 Mobilku.com