Alasan Honda Siapkan Platform Baru

10 May 2019
Mobilku.com - Honda Motor Co. sedang mengembangkan platform baru yang akan diperkenalkan tahun depan. Penampilan perdananya dalam sosok model baru. Model baru yang masih misterius itu akan jadi global model yang artinya ada peluang dipasarkan pula di Indonesia.

Platform baru yang disebut Honda Architecture itu diyakini meningkatkan efisiensi biaya pengembangan model baru. Juga menambah jumlah komponen yang digunakan bersama antar model. Kehadiran platform baru itu disampaikan langsung oleh CEO Honda, Takahiro Hachigo.

Yang belum disampaikan adalah model apa yang nantinya menggunakan platform baru itu untuk pertamakalinya. Kandidatnya cukup banyak seperti Civic, CR-V, Jazz dan HR-V.

Namun all new Jazz rencananya akan ditampilkan di Tokyo Motor Show (24 Oktober - 4 November 2019) mendatang. Berarti kecil sekali peluang hatchback ini menggunakan platform baru itu. Honda juga sudah mengabarkan Jazz baru akan menggunakan i-MMD Hybrid system generasi terbaru.

Topik lain yang disampaikan Hachigo adalah perampingan varian. Menurutnya, varian Honda sudah sangat banyak, kompleks dan biaya yang tinggi. Untuk menjawab persoalan itu, Honda akan memangkas jumlah varian untuk model-model global menjadi sepertiga dari sekarang.

Selain itu, Honda juga akan menghapus dan mengkonsolidasi model-model regional yang dijual dibeberapa negara. Hachigo juga tidak memberi petunjuk model apa yang akan dihapus.

Honda dikenal sebagai merek yang tidak gegabah menghadirkan varian-varian baru dibandingkan perusahaan otomotif lain. Honda lebih fokus menghadirkan varian baru dengan level yang lebih mewah. (*)


© 1999-2019 Mobilku.com