Hyundai Susul Golf R

09 May 2019
Mobilku.com - Tidak lengkap rasanya bagi produsen otomotif Eropa jika tidak memiliki hot-hatch. Demikian juga dengan Hyundai. Mereka kini sedang menyiapkan hot-hatch yang akan bersaing dengan VW Golf R, Ford Focus RS dan Honda Civic Type R.

Basis pengembangannya adalah hatchback Hyundai i30 N. Pada varian reguler, hatchback ini menggunakan sistem penggerak roda depan. Namun untuk versi hot-hatch, kemungkinan akan menggunakan sistem penggerak all-wheel-drive. Karena sistem ini lebih kuat mengelola pasokan tenaga mesin yang berlebihan.

Hal itu diungkapkan jurubicara Hyundai, Guido Schenken beberapa waktu lalu. Schenken mengatakan Hyundai saat ini sedang melakukan ujicoba sejumlah prototipe.

Hyundai i30 memang dirancang untuk bisa menggunakan penggerak AWD. Perangkat AWD-nya nanti sama seperti yang dipakai Hyundai Kona. Keduanya, i30 dan Kona menggunakan platform yang sama. Mesin 2.0-liter turbocharged 4 silinder segaris yang dipakai i30 N memproduksi 271hp dan torsi 260 lb-ft (352 Nm).

Dengan produksi tenaga mesin sebanyak itu, posisi Hyundai tidak terlalu unggul. Agar bisa bersaing, Hyundai perlu mesin yang bisa memproduksi tenaga lebih dari 306 hp. Ford Focus RS saja sudah 350hp. Hot hatch Audi Sport dan Mercedes-AMG juga menawarkan tenaga mesin mendekati 400hp. Volkswagen dikabarkan sedang menyiapkan Golf R dengan tenaga 400 hp.


Menariknya, Hyundai sekarang merekrut Tyrone Johnson, yang membidani kelahiran Ford Focus RS. Tyrone Johnson sekarang bekerja sebagai kepala uji dan pengembangan kendaraan Hyundai i30. Atasannya adalah Albert Biermann, mantan kepala engineering di BMW M. Bierman sudah bicara tentang i30 N versi lebih kuat, bahkan sebelum versi regulernya diluncurkan 2017.(*)





© 1999-2019 Mobilku.com