Intip Ubahan 2020 Civic Type R

07 May 2019
Mobilku.com - Sebelum pabrik Honda di Swindon, Inggris tutup, mereka menyiapkan major update Civic Type R. Saat ini tim Honda sedang dalam proses ujicoba di Sirkuit Nurburgring, Jerman.

Detail perubahaan generasi ke-delapan Civic Type R masih gelap. Tetapi berdasarkan prototipe yang diujicoba, 2020 Civic Type R akan mendapat banyak peningkatan. Salah satunya yang banyak mengundang spekulasi adalah atap serat karbon. Spekulasi itu muncul karena bagian atap disembunyikan. Demikian pula sejumlah panel lainnya seperti spion dan bumper depan.

Semakin banyak pabrikan sports car yang menawarkan atap serat karbon. Ada dua keuntungan yang diharapkan. Pertama yaitu bobot lebih ringan untuk peforma lebih baik. Kedua, titik pusat gravitasi lebih rendah, hasilnya menikung lebih cepat dan stabil. Honda bekerjasama dengan Ford dan Volkswagen untuk riset serat karbon untuk mobil.

Prototipe kedua lebih menarik. Ketika melintas di sirkuit yang beken dengan nama Green Hell itu, mobil ini tidak menggunakan sayap belakang. Karena itu ada dugaan, Civic Type R mendatang desainnya lebih kalem dibandingkan yang sekarang.

Honda Civic Type R saat ini menawarkan peforma yang lebih baik, bahkan dibandingkan model-model yang lebih mahal. Mobil sport dengan penggerak roda depan ini memegang rekor kecepatan di sejumlah sirkuit. Menarik utnuk melihat apa yang dilakukan Honda untuk menyempurnakan mobil yang sudah nyaris sempurna ini.

Serat karbon punya karakter yang memikat produsen mobil. Serat karbon memiliki dua sifat luar biasa yaitu ringan dan kuat. Serat karbon empat kali lebih kuat dari baja, tetapi 40 persenlebih ringan dari aluminium. Tampilan permukaan serat karbon yang berwarna hitam mengkilap memiliki keunggulan lain ketika diterapkan sebagai atap mobil. Yaitu membantu memantulkan sinar matahari dan mengurangi panas matahari.

Penurunan berat berkorelasi dengan peningkatan peforma dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Namun disisi lain ada faktor negatif yaitu harga serat karbon sangat tinggi, yang akan menghambat penetrasi pasar.(*)


© 1999-2019 Mobilku.com