Bedanya adalah pemasang iklan di mobilku.com lebih serius, bukan iseng seperti di situs2 gratis lainnya. Rudy. Sudirman.
 

Tips & Advice

Hati-hati, mobil dirumah bisa jadi pembunuh


(18/05/2007) - General Motors dan Miami Fire Rescue menggelar kampanye "Never Leave Your Child Alone" yang mengingatkan orang tua agar tidak meninggalkan anak-anaknya di mobil tertutup sendirian. Apalagi negara itu menyonsong musim panas.

Sejak 1998 tercatat 35 anak di Florida mati karena hyperthermia/kepanasan. Tahun 2006 saja ada tiga anak yang tewas, dan semua tragedi itu bisa dihindarkan, seperti diungkapkan Ignatius Caroll, dari City of Miami Fire Rescue pada press. Bocah-bocah malang itu berumur 1 bulan hingga 3 tahun.

Menurut data yang dimiliki Jan Null, Adjunct Professor of Meteorology at San Francisco State University, lebih dari 320 anak-anak tewas di seluruh negeri pada preiode yang sama, kebanyakan dibawah 3 tahun. Kondisi kejiwaan pada anak-anak dan suhu tinggi adalah kombinasi mematikan hanya dalam hitungan menit.

"Suhu di dalam mobil bisa naik 19 derajad Fahrenheit dibandingkan suhu luar dalam 10 menit. Dalam satu jam, bedanya bisa 45 derajad atau lebih, meskipun dengan kaca sedikit terbuka," kata Wes Bender, Safe Kids Buckle Up regional manager for Safe Kids Worldwide, patner GM dalam program keselamatan penumpang anak.

"Anak-anak lebih rentan terhadap serangan panas (heat stroke) dibandingkan dewasa karena suhu tubuh mereka naik tiga - empat kali lebih cepat dari tubuh dewasa," Null. "Heat stroke terjadi ketika suhu tubuh mencapai 104 derajad Fahrenheit (40 derajad Celcius). Suhu tubuh 107 deradad Fahrenheit (41.67 derajad Celcius) dianggap mematikan."

Di Florida kematian terjadi pada suhu luar 79 - 110 derajad Fahrenheit (26.11- 43.34 derajad Celcius). Di Indonesia suhu luar antara 23 - 33 derajad Celcius. Disini resiko terbesar adalah anak-anak terperangkap di mobil dan tidak ada yang tahu. Kejadian seperti pernah merengut nyawa seorang bocah 3.5 tahun di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, akhir Februari 2006.

Safe Kids Worldwide dan General Motors menggelar program Never Leave Your Child Alone untuk mengedukasi keluarga terhadap bahaya yang dihadapi anak-anak akibat panas di mobil, seperti dikatakan Beth Lowery, GM vice president of Environment, Energy and Safety Policy.
"Anak-anak adalah bawaan paling berharga dan harus diketahui kematian-kematian seluruhnya bisa dicegah," tegasnya.

Safe Kids menyarankan beberapa tip untuk orang tua dan pengasuh.
-Ajari anak untuk tidak bermain didalam atau disekitar mobil.
-Jangan sekali-kali melepas anak tanpa pengawasan didalam mobil, meskipun dengan pintu sedikit terbuka.
-Selalu kunci pintu dan jendela, khususnya dirumah.
-Jauhkan kunci dan remote entry dari jangkauan anak.
-Letakkan barang yang dibutuhkan di perhentian selanjutnya di lantai kursi belakang dimana anak-anak duduk. Langkah sederhana ini membantuk mencegah anda dalam situasi pelik ketika tidak sengaja meninggalkan anak di dalam mobil.


Informasi terkait:
1.Lupa, anak mati kepanasan

2.GM kembangkan sensor pelindung anak yang terperangkap di mobil

Bookmark and Share

Kirim iklan ini ke teman Anda