Innova saya laku dalam berberapa jam setelah pasang iklan di mobilku, hebat dan highly recommended. Jeffrery, Cinere.
 

Tips & Advice

Pria lebih tahu mobil?


(16/05/2006) - Banyak orang mengira pria tahu lebih banyak tentang mobil daripada wanita. Karena itulah, banyak wanita lari ke teman pria-nya bila mengalami problem dengan mobilnya. Tapi benarkah pria lebih tahu dari wanita?
 
Banyak orang mengira pria tahu lebih banyak tentang mobil daripada wanita. Karena itulah, banyak wanita lari ke teman pria-nya bila mengalami problem dengan mobilnya. Di USA juga seperti itu. Survei nasional Jiffi Lube International di USA, menemukan bahwa 69% pria dan 64% wanita berpikir pria lebih tahu dari wanita soal perawatan mobil.

Tapi benarkah pria lebih tahu dari wanita? Jiffi Lube International mencoba memastikan hal itu lewat surveinya. Melalui pertanyaan-pertanyaan sederhana dan mendasar tentang basic perawatan mobil, hasilnya bisa bercerita lain.

Ketika ditanyakan dimana harus mencari informasi tekanan angin ban, 67% pria dan 45% wanita mengatakan terletak di dinding ban. Ini salah. Yang benar, informasi tekanan ban terletak di balik pintu atau di buku manual karena tekanan angin ban setiap model spesifik. Sedangkan informasi di dinding ban menunjukkan tekanan angin maksimal yang direkomendasikan pembuat ban. Ternyata 22% wanita dan 16% pria memberi jawaban benar bahwa tekanan angin ban buka di di dinding ban.

Sekitar 67% pria dan 46% wanita mengira mengganti oli biasa dengan oli sintetis bisa memperpanjang jarak tempuh sebelum ganti oli lagi. Ini salah. "Mengganti oli biasa dengan oli sintetis tidak otomatis memperpanjang interval penggantian mobil," kata Mark Ferner, pakar otomotif dari Jiffy Lube International. "Rekomendasi produsen mobil dan kondisi dimana mobil di kendaraai juga penting. Kebanyakan buku manual pemilik mencantukan dua interval penggantian biasa, satu untuk penggunaan normal dan satunya lagi bila digunakan dengan keras/berat. Bila mobil sering harus idle sangat lama, atau sering stop-and-go traffic atau di cuaca yang ektrim, maka mobil anda tampaknya berpeluang untuk lebih sering diservis termasuk ganti oli," tambahnya.

Masa pakai normal kebanyakan bilah wiper kaca depan biasanya enam hingga 12 bulan. Sementara 54% pria dan 49% wanita mengetahui itu, sementara sekitar 39% pria dan 38% wanita mengira usia pakainya 1 hingga lima tahun. "Kebanyakan pengemudi tidak waspada dan memberi perhatian pada kondisi bilah wiper hingga terperangkap di cuaca buruk," kata Ferner. "Memeriksa dan mengganti bilah wiper bila perlu, bisa meningkatkan visibilitas untuk terhindar dari situasi berbahaya dijalan."

Sekitar separuh pria dan wanita (50% dan 48%) sadar bahwa ban yang kurang tekanan angin, filter udara kotor, wheel alignment yang tidak pas dan tutup bensin longgar bisa mengurangi efisiensi bahan bakar. Banyak studi menunjukkan menjaga tekanan angin ban sesuai rekomendasi dan mengganti filter udara yang kotor bisa menghemat bensin antara 10 - 29 persen. "Menghindari kebiasaan membejek gas dalam-dalam saat akselerasi, ngebut dan idling berlama-lama juga membantu menghemat bensin," tutur Farner.

Sekitar 47% pria dan 27% wanita mengetahui filter udara kabin membersihkan udara yang dihirup penumpang. "Saat ini banyak mobil yang dilengkapi filter udara kabin yang harus diganti secara periodik dan kebanyakan tidak tahu hal ini," tutur Ferner. "Buku manual pemiliki menjelaskan seberapa sering filter udara ini harus diganti," tambahnya.

78% pria dan 56% wanita paham benar bahwa fungsi utama antifreeze/coolant adalah mengontrol suhu mesin melalui kerja radiator. Penambahan antifreeze/coolant pada air radiator menjaga air tidak beku pada cuaca dingin, sehingga melindungi mesin saat harus di start di musim dingin. Demikian pula di cuaca panas, coolant mencegah air radiator menguap meskipun suhunya sudah lebih dari titik didihnya. "Merawat sistem pendingin mesin sesuai rekomendasi pembuat mobil mencegah pengeluaran besar karena kerusakan sistem ini," tegas Ferner.

Jiffy Lube adalah pionir industri ganti oli cepat dengan 2,200 jaringan service center di seluruh Amerika Utara dan merawat sekitar 27.5 juta mobil pertahun. Berpusat di Houston, perusahaan ini termasuk keluarga besar Shell Oil Co.

Studi ini diselenggarakan bersama Opinion Research Corp. yang melakukan survei pertelepon terhadap 524 pria dan 522 wanita yang berumur 18 tahun keatas. Data dikumpulkan antara 31 Maret - 3 April 2006 dengan margin error 3.2%.

Bookmark and Share

Kirim iklan ini ke teman Anda