Rajin, innovative and informative....that's you mobilku.com! Ramdhani. Jakarta.
 

Tips & Advice

Tip traveling di kota


(30/09/2005) - Jalanan macet memang ujian tiada akhir untuk kesabaran kita. Ditambah susah dan mahalnya parkir. Tip yang membuat traveling di kota jadi lebih menyenangkan.
 
Naik lagi, naik lagi. Memelihara mobil jadi lebih mahal. Apalagi jalanan kota yang tambah macet, jelas belanja BBM bakal tambah besar. Jalanan macet memang ujian tiada akhir untuk kesabaran kita. Ditambah susah dan mahalnya parkir. Memang baca koran, pasang tivi di mobil atau mainkan ponsel jadi solusi. Itu sah-sah saja. Ada tip lain yang membuat traveling di kota jadi lebih menyenangkan.

1. Pilih mobil yang langsing, karena pas diparkir di tempat-tempat sempit, mengurangi resiko penyok dan baret atau menyelinap diderasnya arus lalu lintas.

2. Pikirkan benar pilihan transmisi matik vs manual.Manual memang lebih asyik, lebih murah dan bisa jadi lebih irit bensin. Tapi pakai manual di jalan macet yang stop-and-go, woow, bisa-bisa kaki kiri lebih berotot dari sebelahnya.

3. Manfaatkan teknolog parking assist, membantu nyelip di space sempit tanpa masalah. Apalagi ditambah rear camera, tambah gampang. Teknologi baru membuat parkir lebih mudah. Toyota Prius punya Intelligent Parking Assist yang memarkir mobil secara otomatis tanpa bantuan driver.

4. Mengemudi pakai perhitungan. Bukan jamannya lagi ngebut saat lampu hijau untuk ngerem lagi beberapa ratus meter kemudian karena terhadang traffic light. Mobil dan kantong jadi korban sia-sia ego. Lebih bijak menekan gas dengan lembut dan manfaatkan overide (mobil melaju lebih kencang dengan beban kerja mesin lebih ringan). Bila macet total, tarik tuas ke posisi netral daripada injak rem terus.

5. Tetaplah di jalur, meskipun meliuk-liuk, nyerobot jalur orang bisa lebih cepat sampai ke tujuan, tapi juga menaikkan resiko serempetan, baret, penyok, ribut di jalanan, sesuatu yang tolol.

6. Ganti filter udara lebih sering karena terpapar debu dan asap. Piranti ini melindungi paru-paru anda juga. Bila ada orang yang iseng corat-coret di kaca mobil dengan jari tangannya, artinya paru-paru anda sudah sekotor itu.

7. Jaga diri dengan tampil bersahaja, karena jalanan bukan tempat pamer pencapaian hidup anda. Bila Kapak merah datang, percayalah, ngak bakalan ada volunter yang datang menolong. Anda sendiri di jalan. Jadi jaga diri sendiri dengan tidak menunjukkan harta benda yang di dalam mobil.

8. Malu bertanya belilah peta. Atau perangkat navigasi berbasis GPS yang sekarang sudah banyak dijajakan. Yang lebih murah belilah peta, atau paling gampang, hanya bermodal senyum, tanya pada orang. Melintasi kawasan yang jarang dilewati berersiko tersesat dan berputar-putar tebar bensin di jalan tanpa guna. Lebih cerdas mempersiapkan rute lebih dulu dengan peta/GPS atau bertanya.

9. Cari tempat parkir yang terang, aman dan terjamin. Mobil bukan brankas, jadi jangan simpan barang mahal di dalamnya.

10. Coba busway.

Bookmark and Share

Kirim iklan ini ke teman Anda