Pertama tama ragu2 juga mau cari mobil via situs mobilku.com, tapi setelah dapat mobil, baru rasa bhw memang jaman gini harus gini...Good Job. Banyakan dong iklan foto-nya.
 

Tips & Advice

Cek ban, BBM irit


(16/08/2005) - Setiap kali isi bensin, mungkin anda akan menggerutu melihat harga BBM. Tapi tahukah anda peran apa yang bisa dilakukan ke empat ban untuk menghemat BBM dengan cerdas.
 
Dalam beberapa tahun terakhir, konsumen -dipaksa?- menerima fakta subsidi harga bahan bakar dikurangi secara gradual. Dampaknya, harga bahan bakar naik dan disusul harga-harga lain. Dan setiap kali rencana kenaikan harga dicetuskan, protes pun berdengung bagai lebah marah dari penjuru negeri.

Pemilik mobil termasuk pihak yang paling berkepentingan dengan soal ini. Ada yang menyikapi kenaikan BBM dengan protes, caci-maki dan mengeluh, tapi tetap saja dengan pola berkendara gaya lama yang boros. Adapula yang beralih ke kendaraan umum -meskipun harus ekstra sabar dengan ulah kru angkutan umum. Sebagian lagi, berlaku cantik dengan tetap melaju diatas mobilnya tapi berusaha berhemat dengan merawat mobilnya lebih cermat dan rutin.

Cara hemat ala Goodyear

Goodyear Tire & Rubber Co. menawarkan cara berhemat yang mudah yaitu rutin cek ban. Selalu memperhatikan tekanan angin ban mobil adalah cara efektif untuk menjaga konsumsi bahan bakar mobil tetap terkendali. "Setiap kali isi bensin, mungkin anda akan menggerutu melihat harga BBM. Tapi tahukah anda peran apa yang bisa dilakukan ke empat ban untuk menghemat BBM dengan cerdas," kata Bob Toth, marketing manager for Goodyear auto tires.

Penggunaan aneka perangkat tambahan untuk mengurangi konsumsi BBM yang marak dipromosikan saat ini memang bisa membantu. Tapi itu harus ditebus dengan harga yang mahal, hingga jutaan rupiah. Bandingkan dengan ritual periksa ban secara rutin; free!.

Menurut Department of Energy, USA, pengendara bisa menambah jarak jelajah per liter BBM (fuel mileage) hingga 3.3 % bila tekanan angin ban pas. Setiap kekurangan 1 Psi (pound per square inch) tekanan angin ban, maka fuel mileage berkurang 0.4 %. Selain itu, ban yang diisi udara cukup juga lebih aman dan lebih awet.

Perhitungan Goodyear, ban yang tekanan anginnya kurang 5- 7 Psi dari tekanan yang dianjurkan, bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar 10%. Ban yang kurang angin, tidak mulus menggelinding, atau semudah yang di harapkan. "Naiknya rolling resistance membutuhkan lebih banyak energi yang merampok efisiensi bahan bakar mobil anda," kata Toth.

85% pengemudi alpa periksa ban

Parahnya, 85% pengemudi yang disurvei Rubber Manufacturers Association pada Februari 2005 itu, tidak memeriksa tekanan angin ban dan sama sekali tidak paham bagaimana merawat bannya dengan benar. Bahkan kebanyakan mereka tidak tahu berapa tekanan angin ban yang pas sesuai rekomendasi.

Rekomendasi Goodyear, periksa tekanan angin ban sedikitnya sekali sebulan atau sebelum melakukan perjalanan jauh. Ban harus diisi angin sesuai dengan rekomenadi pembuat mobil seperti yang tertempel di balik pintu, di glove box atau di buku manual pemilik. Langkah ini dipadukan dengan perawatan mesin, pemeriksaan dan penggantian filter udara bila perlu.
 
Berbeda dengan di Indonesia yang harga masih disubsidi dan dibuat tetap, di USA harga BBM mengikuti flukutuasi pasar. Minggu pertama Agustus ini harga bensin unleaded biasa mencapai $2.39, sementara setahun lalu masih $1.89.

Saat ini, suara-suara kenaikan harga BBM kembali menyeruak. Kabarnya sebelum Januari 2006, harga BBM di Indonesia kembali di 'sesuaikan'. Ketika konsumen dipaksa untuk menelan setiap kenaikan harga, seyogyanya mereka bisa mendapat kualitas yang lebih baik dari saat ini.




Informasi terkait:

1. Kiat merawat si hitam

2. Kebanyakan pengemudi abaikan ban


Bookmark and Share

Kirim iklan ini ke teman Anda