Innova saya laku dalam berberapa jam setelah pasang iklan di mobilku, hebat dan highly recommended. Jeffrery, Cinere.
 

Tips & Advice

Trik memilih SUV idaman


(02/12/2003) - Lebih dari 20 model Sport Utility Vehicle (SUV) ditawarkan di Indonesia saat ini yang mungkin tahun depan akan bertambah banyak. Masing-masing mengusung kelebihan dan daya tariknya.

Diprediksi SUV akan terus diminati seiring dengan ‘boom’ model-model baru SUV di dunia. Konsumen dimanjakan dengan aneka pilihan mulai dari yang terjangkau hingga SUV super mewah. Tapi hati-hati ‘terperosok’ bila informasi tentang SUV idaman tidak mencukupi.

Setidaknya ada sepuluh hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli SUV;

    1. Ukuran. Secara umum, SUV dibagi tiga katagori berdasarkan ukuran tubuhnya, compact, mid-size dan full-size. Dengan bertambahnya ukuran, makin besar pula daya mesin, ruang penumpang, volume kargo dan tentu saja, harga. Di Indonesia, katagori compact SUV dihuni Honda CR-V, Nissan X-Trail, Ford Escape, Suzuki Escudo, Mazda Tribute dll. Di segmen mid-size tercatat, BMW X5, Porsche Cayenne, Ssangyong Rexton, Mercedes-Benz G-Class, Mercedes-Benz ML-Class, Mitsubishi Pajero, Hyundai Santa Fe, Nissan Terrano, Chevrolet Blazer, Suzuki Grand Escudo XL7, Volvo XC90, Kia Sorento dll. Sedangkan katagori full-size ada Toyota Land Cruiser, Range Rover, Nissan Patrol, dll

    2. Harga. compact SUV punya harga terjangkau, dimana varian standarnya harganya kurang dari Rp 200 juta. Pada katagori ini, selisih harga varian standar (base model) dengan varian full spek (top of the line) tidak terlalu besar. Pada segmen mid-size ataupun full-size rentang harga mulai dari Rp 200 juta hingga Rp 2 miliar.


    3. Mesin. compact SUV menawarkan mesin empat silinder (Honda CR-V)atau enam (Ford Escape/Mazda Tribute). Sementara mid-size biasanya menggunakan enam silinder (Grand Escudo, BMW X5) meskipun ada pula yang empat silinder (Nissan Terrano). Sedangkan full-size SUV biasanya menggunakan mesin V8 yang powerful. Tentu saja semakin banyak silinder yang artinya makin besar volume ruang bakar, konsumsi bahan bakar makin banyak.


    4. Safety. mid-size dan full-size SUV umumnya dilengkapi dengan system safety paling canggih, termasuk side curtain airbags, rollover protection system dan stability electronic control. compact SUV punya system safety setingkat lebih sederhana, missal tanpa rollover protection system. Meskipun secara statistik SUV lebih aman dibandingkan sedan, resiko SUV terguling masih besar. Penumpang SUV paling banyak tewas karena mobilnya terguling.


    5. Fitur-fitur kemewahan/kenyamanan. Kebanyakan SUV compact tidaklah mewah. Kenyaman penumpang bertumpu pada perangkat audio system dan kadang-kadang kursi kulit. SUV kecil ini lebih mengedepankan kepraktisan. Dua katagori lainnya, menawarkan derajat kemewahan dan kenyamana hingga setara sedan mewah.


    6. Ruang interior. Semua SUV dirancang minimal untuk lima penumpang. Bahkan untuk katagori mid dan full-size ada yang menawarkan tiga kursi tambahan hingga mampu memuat delapan penumpang. Meskipun punya daya angkut penumpang sama, tapi derajad kenyaman compact SUV sulit menyamai mid atau full-size.


    7. Kapasitas bagasi. Semua SUV menawarkan kursi baris kedua (dan ketiga, kalau ada) yang bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi. Bila kursi dilipat, ruang kargo bisa naik hingga dua kali lipat. Daya angkut barang SUV bisa ditingkatkan dengan memanfaatkan roof rack.


    8. Car-based vs truck-based. car-based SUV menggunakan sasis serupa sedan, punya platform yang sama dengan sedan dan lebih nyaman digunakan di jalan raya. Kelompok ini termasuk Honda CR-V, Lexus RX300, BMW X5 dll. Disisi lain, truck-like SUV dicirikan dengan sasis baja (ladder frame)seperti yang digunakan truk. Kelompok ini biasanya lebih kokoh, lebih kuat, towing capacity lebih besar, cocok untuk off-road. Dalam kelompok ini termasuk, Kia Sorento, Chevrolet Blazer, Nissan Terrano dll.


    9. Sistem penggerak roda 2WD/4WD/AWD. 2WD (two-wheel-drive) artinya tenaga dari mesin hanya menggerak dua roda, depan atau belakang. 4WD (four-wheel-drive) artinya tenaga dari mesin menggerakan seluruh roda. Pada sistem ini pengemudi memungkinkan memilih sistem dua roda atau empat roda. AWD (all-wheel-drive) memungkinkan kendaraan secara otomatis untuk mendistribusikan power ke roda yang punya traksi paling besar.


    10. Operating costs. compact SUV biasanya paling kecil, ringan, dan sistem penggerak rodanya tidak serumit katagori lain. Maka biasa perawatan dan konsumsi bahan bakarnya paling ringan. Dua katagori lain biaya perawatannya lebih mahal dan karena mesinnya lebih besar, kebutuhan bensin juga lebih besar.






Informasi terkait:
1. Statistik: SUV lebih aman dari sedan
2. Ragam sistem penggerak roda
3. Sedan vs SUV aman mana?

Bookmark and Share

Kirim iklan ini ke teman Anda