Bedanya adalah pemasang iklan di mobilku.com lebih serius, bukan iseng seperti di situs2 gratis lainnya. Rudy. Sudirman.
 

Tips & Advice

Selamat dengan Poggo


(13/11/2003) - Bencana banjir bandang di Bahorok menyadarkan banyak orang bahwa bencana serupa mengancam di banyak tempat. Setidaknya 100 kabupaten di Indonesia berpotensi mengalami bencana itu.

Menurut data Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, Sejak tahun 1998 hingga pertengahan 2003, tercatat telah terjadi 647 kejadian bencana di Indonesia, dimana 85% dari bencana tersebut merupakan bencana banjir dan longsor.

Banjir seringkali terjadi karena ulah manusia juga. Berbeda dengan banjir yang sering datang ke Jakarta, banjir bandang tidak pernah memberi tanda. Mereka muncul tiba-tiba dengan kecepatan sangat tinggi, menghantam apa saja lalu menyeretnya. Ketika mereka pergi, tidak ada genangan air. Yang terisa, kerusakan dan air mata.

Demikian pula di Bahorok, banjir lumpur, batu dan batang-batang kayu raksasa datang begitu cepat dan melibas apa saja yang didepannya. Hutan, rumah, desa semua diterjang. Data terakhir, lebih dari 135 orang ditemukan tewas mengenaskan dan masih banyak yang belum ditemukan.

Musibah serupa bisa terjadi dimana saja, kapan saja, bahkan saat anda mudik. Curah hujan yang tinggi di akhir tahun dan makin parahnya kerusakan lingkungan bisa memicu bencana itu. Lebih-lebih tidak ada upaya kongkrit untuk mencegah bencana terulang.

Peristiwa di Kabupaten Situbondo akhir Januari 2002, yang menewaskan sedikitnya 22 orang itu bisa jadi gambaran. Banjir bandang itu juga menerjang jalur pantura yang menghubungkan Probolinggo dan Situbondo. Jalur utama sarat dipenuhi kendaraan yang melintas. Untungnya korban lebih banyak bisa cegah karena warga kota santri itu mengingatkan pengguna jalan untuk berbalik arah. Karena sekejap kemudian, air berlumpur, batu dan balok-balok kayu menerjang batang jalan. Hingga berhari-hari ruas jalan utama di Jawa Timur itu ditutup.

Untuk mengatisipasi, coba persiapkan jalur-jalur alternatif dan terus memantau cuaca. Jangan lupa perangkat komunikasi yang bisa digunakan pada kondisi darurat. Namun bila bencana itu terjadi, jangan sampai terjebak di mobil. Menurut The National Weather Service, separuh dari korban banjir bandang di USA mati terjebak dalam mobil.

Para pakar keselamatan memberikan sejumlah tip bila dihadapkan pada kondisi seperti itu. Pertamakali yang harus dilakukan adalah berusaha tetap tenang, selanjutnya lepas seatbelt. Kemudian turunkan kaca dan keluar. Jangan coba-coba bertahan di dalam mobil karena mobil bila terguling, interior dipenuhi air dan anda terjebak didalamnya.

Yang tidak diduga, akses keluar paling aman ketika diterjang banjir adalah jendela. Sistem pembuka kaca, baik manual ataupun elektris biasanya masih bekerja sesaat setelah terendam air (asalkan bukan air asin yang langsung melumpuhkan sistem). Ketika kaca terbuka, penumpang bisa menerobos keluar. Membuka pintu pada situasi itu bisa sangat sulit karena besarnya tekanan air dari luar dan kalaupun akhirnya terbuka hanya mempercepat air membajiri interior.

Bila membawa anak-anak, kondisi lebih sulit, tapi bukan tidak mungkin untuk tetap survive. Ada satu akronim yang mudah di ingat pada situasi itu, yaitu POGGO. Akronim ini merupakan kepanjangan dari Pop your seatbelt (lepas seatbelt), Open a window (buka jendela), Grab your baby (rengkuh anak anda) dan GO (pergi keluar).

Untuk mengantisipasi curah hujan tinggi selama perjalanan, ada baiknya untuk mulai mempersiapkan kondisi mobil mobil. Kunjungi bengkel dan pastikan mobil anda siap untuk mengarungi perjalanan jauh. Juga menembus hujan deras.

Saat hujan, paling penting menjaga agar jarak pandang tidak terganggu. Periksa karet wiper. Bila perlu, diganti. Tambahkan pula cairan untuk wiper yang berfungsi membersihkan kaca depan. Periksa juga lampu-lampu, apakah bekerja baik. Ganti bohlam yang mati.

Untuk mengurangi resiko hydroplaning pastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrik. Demikian pula alur ban, harus dalam batas aman. Dalam daftar emergency kit, tambahkan pula kabel jumper, senter, botol air dan isolasi listrik.--

Bookmark and Share

Kirim iklan ini ke teman Anda