Daily news mobilku.com kayanya tambah hot sekarang...jadi setiap hari pengen browsing.... Budi
 

Tips & Advice

Pengantar in-car entertainment


(04/11/2003) - Perjalananin-car entertainment (ice) cukuplah panjang. Dulu, cukup radio AM/FM yang menemani perjalan. Lalu system audio mobil dilengkapi cassette tape player. Kini teknologi audio visual sudah mencapai level dimana mobil bisa berubah jadi concert hall bergerak atau mini theater ekslusif.

Aneka ragam produk dan system baru diperkenalkan. Demikian pula harga yang bersaing. Untuk memilih yang paling tepat, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Diataranya tergantung pada kebiasan mengemudi –komuter/jarak jauh-, karakter penumpang, pilihan jenis hiburan, dan tentu saja dana.

Langkah pertama adalah mengenal teknologi audio yang ada dipasaran. Banyak produk ice yang menggunakan teknologi Dolby yang jadi standar untuk kualitas audio dan suara surround kelas atas. Teknologi Dolby sebelumnya sudah digunakan untuk sistem audio di bioskop, home theater, dan studio rekaman profesional. Alternatif teknologi audio yang lain, dts dan Logic7.

Dolby® Digital: format 5.1 channel tercanggih saat ini. Susunan angka 5.1, menyiratkan lima channel (kiri,kanan, tengah, surround kiri, surround kanan) plus satu low-frequency (bass atau sub-woofer). Sistem ini banyak digunakan di gedung bioskop, DVD, televisi digital dan game. Teknologi Dolby Digital ini bisa dipadukan dengan sistem hiburan kursi belakang (rear-seat entertainment) yang menyajikan DVD-Video.

Dolby Pro Logic® II: Pro Logic II mengubah dua chanel stereo menjadi suara surround yang natural. Didalam mobil, teknologi ini mengubah sound system stereo biasa menjadi pengalaman menyimak suara yang menarik. Pro Logic II bisa bekerja dengan aneka penghasil suara stereo, termasuk CD, radio FM, cassette, dan MP3.

MLP™ Lossless: Inilah teknologi audio dibalik DVD-Audio, format audio dengan kualitas paling tinggi yang ada sekarang. Teknologi MLP Lossless mampu menyajikan kualitas audio seperti saat di rekam di studio rekaman pada sekeping disc. Sangat jernih dan akurat. DVD-Audio menawarkan sonic resolution 1000 kali lebih baik dari kualitas CD.

Dolby Headphone: Teknologi ini menghasilkan kualitas suara speaker 5.1 channel melalui headphone biasa. Pendengarnya bisa menyimak musik favoritnya tanpa menggangu penumpang lain.

dts®: alternatif teknologi suara Dolby Digital dan Pro Logic II, dts dijumpai disejumlah DVD-Video dan DVD disc.

Logic 7®: Sebagai alternatif untuk Dolby Pro Logic II, Logic 7 dijumpai di sejumlah mobil model baru tapi tidak tersedia di aftermarket.

Kini saatnya menentukan skenario sistem audio yang ingin dibangun, sederhana atau njelimet. Yang pasti interior mobil memang sangat tepat untuk mendengarkan musik. Sebagai contoh, kalau anda audiophile sejati, tergolong komuter yang biasa membenamkan diri mendengarkan musik favorit, mungkin bisa memilih DVD-Audio, format audio yang banyak dianggap sebagai penerus CD.

DVD-Audio memainkan musik dengan richness dan density yang tidak mungkin dihasilkan CD. DVD-Audio punya kapabilitas multi-channel built-in untuk menghasilkan surround sound sejati, bahkan ‘ekstra’ seperti visualisasi lirik, foto artis dan biografinya. Sebaliknya kalau lebih suka mengendarai SUV atau minivan bersama seluruh keluarga, rear-seat entertainment dengan DVD player/game console bisa jadi pilihan. Khawatir berisik? Lengkapi dengan headphone.

Bagaimana mewujudkanya? Ada dua sumber utama mendapatkan ice idaman. Yang pertama membeli mobil yang sudah dilengkapi ice berteknologi Dolby atau berburu di after market.

Saat ini trend yang berkembang, membeli factory-installed system audio yang ditawar secara option. Contohnya Volvo XC90 yang system audio-nya dilengkapi teknologi Dolby Pro Logic II bawaan pabrik. Kualitas audio XC90 diakui banyak pihak. Sementara Acura TL Concept dilengkapi dengan system DVD-Audio pertama di dunia. 2004 Cadillac XLR dilengkapi dengan Dolby Digital.

Pasar after-market menawarkan lebih banyak pilihan. Diantaranya: Kenwood Excelon KVT-915DVD, Pioneer AVH-P7500DVD yang menawarkan teknologi Dolby Pro Logic II,Dolby Digital dan MLP Lossless. In-dash CD Receivers & head units yang menggunakan teknologi Dolby Pro Logic II: Alpine PXA-H700, Clarion DXZ925, Rockford-Fosgate RFQ5000. Game konsol yang menggunakan teknologi Dolby: Sony PlayStation2, Xbox.

Agar menjadi pembeli yang ‘melek’, sebaiknya selalu meng-up date pengetahun tentang fitur, teknologi dan produk ice terbaru. Anda bisa kunjungi situs-situs system audio yang banyak bertebaran di dunia maya. Di situs-situs itu dijabarkan teknologi terbaru termasuk analisa dari para pakar. -®-

Bookmark and Share

Kirim iklan ini ke teman Anda