Pertama tama ragu2 juga mau cari mobil via situs mobilku.com, tapi setelah dapat mobil, baru rasa bhw memang jaman gini harus gini...Good Job. Banyakan dong iklan foto-nya.
 

Tips & Advice

Mudik bersama balita


(14/11/2002) - Duh... bahagianya bila si upik bertemu neneknya di kampung. Lebaran sebentar lagi tiba, mudik pun sudah waktunya dipersiapkan. Bila kali ini bersama balita, perlu trik khusus agar perjalanan panjang tetap menyenangkan.

Lebaran tahun ini mungkin bersamaan dengan awal musim penghujan, jadi mobil harus dipersiapkan betul untuk menerjang tirai air maupun bertahan di kemacetan. Persiapkan pula segala perlengkapan untuk perjalanan panjang, termasuk kotak P3K.

Sebelum berangkat, bersihkan mobil, termasuk interiornya. Mobil yang bersih menyenangkan siapa saja. Boleh saja menggunakan parfum interior baru, tapi hati-hati kalau tidak cocok malah bikin balita gelisah.

Aturlah barang bawaan agar ada cukup ruang gerak untuk mereka. Tempatkan barang yang dibutuhkan dalam perjalan pada posisi yang mudah dijangkau, termasuk bekal, juga snack dan minuman (lebih baik air dari cola ataupun kopi). Jadi anda tidak perlu setiap saat memutar badan untuk memenuhi permintaan mereka.

Bekal seperti mainan favorit, buku cerita, buku mewarnai, game watch. Bisa juga kaset/CD lagu kesanyangan. Kalau mobil anda dilengkapi perangkat audio video, membawa film-film baru juga membantu mereka mengusir bosan. Ajaklah mereka ngobrol, bercerita atau main tebak-tebakan. Dengan kegiatan ini, perjalanan terasa singkat. Bisa juga diajari permainan baru.

Kalau ada waktu anda bisa menyiapkan peta sederhana perjalanan mudik. Ini membantu mereka untuk memperkirakan jarak yang sudah ditempuh dan berapa jauh dari tujuan. Ini juga membantu mengurangi munculnya pertanyaan “ sudah sampai belum” atau “kok lama sih?”.

Bila mobil anda punya fasilitas untuk melepas kursi, bisa dipertimbangkan untuk melepasnya sebagian/seluruh kursi hingga tercipta ruang lebih lega bagi balita. Bentangkan kasur busa berlapis tikar plastik/ karpet agar mereka lebih bebas bermain, jika lelah bisa berbaring tidur.

Untuk mencegah tumpahan air ataupun minuman lain menyerap ke penutup kursi, bisa memanfaatkan diaper (popok sekali pakai) tipis. Diaper punya daya serap yang luarbiasa dan bisa langsung dibuang ditempat sampah. Plastik dan handuk juga bisa dipakai untuk alas kursi anak.

Tas berukuran sedang dengan penutup restleting ideal untuk menyimpan popok basah, celana dan baju lembab oleh keringat dan bahkan diaper yang penuh cairan. Menyimpannya ditas tertutup mencegah aroma dari barang-barang itu menyebar keseluruh interior.

Tissue basah (seperti diaper, barang ini juga bisa didapat di supermarket, khususnya rak bayi) bermanfaat untuk membersih tangan dan badan anak. Ini juga menyegarkan mereka.

Bila koper disimpan di bagasi atau diatas atap, penting sekali untuk mennyimpan beberapa helai pakaian anak untuk ganti diperjalanan, untuk jaga-jaga. Sering berganti pakaian juga membantu menyegarkan anak dan membuatnya tampil lebih menarik ketika sampai ditujuan.

Bila bepergian dengan dua anak yang ‘eksplosif’ ada baiknya mereka dipisahkan dengan garis ‘demarkasi’ berupa kotak mainan atau makanan dengan perjanjian tidak boleh saling menyentuh. Juga bila mereka saling berebut barang yang sama, ada baiknya dibuat daftar tertulis siapa lebih dulu. Daftar itu bisa dirotasi setiap hari hingga mereka bisa bergantian menjadi yang pertama.

Keluar dari mobil tiap dua jam, karena balita butuh kesempatan untuk melemaskan otot dan menghirup udara segar. Untuk sesaat biarkan mereka bermain.

Ingat, jangan sekali-kali meninggalkan balita didalam mobil tanpa pengawasan orang dewasa. Kecerobohan itu bisa berakibat fatal. Banyak anak tewas karena kepanasan dan terperangkap dalam mobil.

Selama jalan, hati-hati dijalan dan jangan lupa berdoa.-®-

Bookmark and Share

Kirim iklan ini ke teman Anda