bravo mobilku.com yang makin kereeen.. sori nih cuma mau usul aja, akan lebih canggih lagi kalo mobilku.com bisa cantumin link2 untuk harga bodypart, spareparts dan asesoris buat segala merk kendaraan.. kalo info gudget aja bisa, kenapa ini ga..? maju teruuus.. thx Radith
 

Tips & Advice

Mengemudi aman kala badai menghadang


(03/10/2002) - Musim hujan sebentar lagi datang, ada baiknya bersiap-siap lebih-lebih bila badai tiba-tiba datang. Dalam kondisi seperti itu, mengurangi kecepatan dan bersikap hati-hati adalah sikap yang bijaksana.

Kurangi kecepatan

Hujan deras mengurangi jarak pandang dan menjadikan jalan licin. Melibas genanang air dengan kecepatan tinggi beresiko kehilangan kendali meskipun roda masih menjejak tanah. Atau bisa saja mesin mati akibat terciprat air. Melaju pada kecepatan rendah juga lebih aman jika harus berhenti mendadak, karena jarak henti pengereman pada jalan basah dua hingga tiga kali lebih panjang dibandingkan jalan kering.

Bila mobil tergelincir

Bila mobil tergelincir, yang sering terjadi, pengemudi panik dan menekan pedal rem keras-keras untuk menghentikan mobil yang melaju tak terkontrol. Tindakan ini tidak akan menyelesaikan masalah. Sebaliknya tekan pedal rem pelan tapi pasti dan arahkan kemudi kemana mobil bergerak. Ikuti saja. Jika traksi didapat kembali, baru arahkan mobil ke jalur semula.

Sebaliknya, untuk mobil yang dilengkapi ABS, pengemudi harus menekan pedal rem secara kuat dan terus menerus dan tidak perlu dipompa. Karena bertolak belakang, ada baiknya anda memastikan dulu, apakah mobil yang dikendarai menggunakan ABS atau tidak. Bisa dilihat dibuku manual atau carilah lampu indikator ABS yang ada di mobil.

Tengah lebih aman

Untuk menghindari genangan air lebih aman melaju di tengah jalur, dekat dengan pembatas lajur. Biasanya air banyak tergenang disisi-sisi jalan.

Stay tune

Lebih aman pula pilh gelombang radio atau TV yang memantau kondisi cuaca disekitar area berkendara anda, sehingga bisa mencari jalur alternatif yang lebih aman.

Sayangi, rawatlah mobil

Dalam kondisi badai, menghidupkan lampu utama tindakan yang bijaksana karena pengendara lain dapat melihat mobil yang anda kendarai sekaligus memperbaiki daya pandang anda. Jadi periksalah selalu kondisi lampu utama, lampu rem dan lampu belok/sein agar bekerja sempurna. Periksa pula kondisi ban, tekanan angin dan kondisi tapaknya. Berkendara dengan ban yang kurang atau kelebihan tekanan angin sangat berbahaya saat hujan. Cek pula kondisa bilah wiper, apakah kondisinya bagus atau sudah usang. Secara berkala bersihkan kaca depan dan jendela lainnya baik dari dalam maupun luar. Lebih bagi pengemudi yang suka merokok, harus memberi perhatian ekstra untuk membersihkan kaca bagian sisi dalam.

Stop bila perlu

Bila jarak pandang semakin pendek dan dianggap berbahaya, ada baikknya untuk berhenti dulu di tempat aman hingga hujan reda. Jangan parkir mobil di bahu jalan dan hidupkan terus lampu hazard.--

Bookmark and Share

Kirim iklan ini ke teman Anda