Wow, Gadget news now...I like you even more, mobilku.com Johan, Solo.
 

Daily Auto News

Aturan Youtube Makin Ketat, Iklan Makin Sulit


(22/01/2018) - Mendapat uang dari Youtube semakin sulit dengan aturan baru yang lebih ketat. Video yang bisa dimonetasi paling sedikit punya 1000 subscriber. Syarat kedua video-videonya ditonton paling sedikit 4000 jam dalam 12 bulan. Aturan baru ini akan efektif berlakk 20 Februari mendatang. Dengan demikian kanal yang tidak memenuhi ambang batas itu, tidak lagi mendapatkan uang dari iklan. Demikian dilaporkan Verge, Senin (16/1).



sebelumnya, syarat untuk gabung dalam Partner Program Youtube ini minimal memiliki 10.000 public view, tanpa syarat spesifik lainnya. Dengan syarat ini, kanal baru dan kecil akan semakin sulit mendapatkan uang.

Youtube menjelaskan langkah ini perlu diambil untuk melihat siapa saja yang tunduk pada aturan dan menyingkirkan 'aktor-aktor jahat'.

"Ambang batas baru ini kami buat setelah pembicaraan panjang dengan para kreator seperti anda," demikian pernyataan perusahaan itu dalam blog. "Sehingga kami bisa lebih baik dalam mengidentifikasi para kreator yang memberi kontribusi positif pada komunitas dan menyediakan lebih banyak pendapatan iklan untuk mereka dan menjauh dari aktor jahat".

Meskipun tidak menyebut nama, insiden Logan Paul diduga menjadi pemicu. Hal itu tersirat dari pernyataan selanjutnya. "Standar yang lebih tinggi akan membantu kami mencegah video yang berpotensi tidak pantas mendapat monetisasi yang akan merugikan pendapatan untuk orang lain."

Logan Paul, salah satu Youtuber kondang dan influecer terkenal merilis video yang memperlihatkan mayat di hutan Aokigahara. Hutan ini terkenal menjadi tempat favorit untuk bunuh diri. Video itu mendapat kecaman meluas yang memicu Youtube memberikan sanksi. Pekan lalu, Google memberikan sanksi dengan 'menendang' Paul dari program iklan Google Prefered.

Keluhan semacam itu bukan yang pertama. Sudah bertahun-tahun para pengiklan mengeluh tentang video-video yang tak terduga dan berisi konten yang tidak pantas. Youtube berkali-kali berjanji akan melakukan perubahan untuk memperbaiki masalah. Sejumlah perubahan juga sudah diimplementasikan.

Langkah terbaru ini bisa dipandang sebagai tindakan yang lebih agresif.


Home   Prev   Next

Bookmark and Share