A billingual car website, cool...it's about time we have one in Indonesia... Robby, Bandung
 

Daily Auto News

Jalan Tol Cina Bisa Produksi Listrik


(03/01/2018) -


Cina membangun jalan tol sel surya sepanjang 2 km di kota Jinan. Tujuan pembangunan jalan tol Jinan South Ring Expressway ini untuk memanen listrik dari energi surya yang kemudian disalurkan ke pemukiman disekitarnya. Tujuan jangka menengahnya adalah memberi tenaga listrik secara nirkabel kepada mobil listrik yang melintas diatasnya.

Kota Jinan dikawasan timur Cina berpenduduk 7 juta jiwa merupakan pusat pengembangan teknologi. Juga menjadi pelintasan jaringan transportasi di kawasan itu. Sinotruck, BUMN yang memproduksi truk berat juga berpusat di kota itu.

konstruksi jalan tol yang mampu dilintasi truk medium itu terdiri dari tiga lapis. Lapisan paling atas adalah beton transparan yang berfungsi seperti aspal dan pelindung lapisan dibawahnya. Lapisan kedua adalah panel sel surya yang menyerap cahaya matahari untuk menghasilkan listrik. Lapisan ketiga yang paling bawah adalan insulator yang melindungi panel sel surya dari bawah. Selain sebagai sumber listrik, panal yang diterima sel surya bisa dikirim ke permukaan untuk melelehkan salju.

Jalan tol sel surya memang belum banyak. Pertengahan November 2014 jalan sel surya diresmikan di Netherland dengan nama SolaRoad. Panjangnya 100 meter dan digunakan untuk jalur sepeda.

Cina memang agresif mengembangkan energi listrik ramah lingkungan dengan sel surya. Negara itu kini tercatat memiliki lapangan sel surya paling luas didunia.


Home   Prev   Next

Bookmark and Share